nusabali

Bukit Jemeluk Terbakar

  • www.nusabali.com-bukit-jemeluk-terbakar

AMLAPURA, NusaBali
Bukit Jemeluk di Banjar Lebah, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem terbakar, Selasa (8/9) sekitar pukul 12.00 Wita.

Diperkirakan sekitar 2 hektare lahan alang-alang terbakar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan mencapai lokasi karena tidak ada jalan menuju puncak Bukit Jemeluk. Jarak kobaran api hingga ke jalan raya sekitar 300 meter. Petugas pemadam kebakaran hanya berjaga-jaga di dekat pemukiman, jika kobaran api mengarah ke bawah maka sasarannya pemukiman warga, sehingga petugas cenderung menjaga pemukiman warga. Kebakaran yang terjadi begitu cepat karena tiupan angin. Hadir di lokasi Perbekel Desa Purwakerti I Nengah Karyawan, Bendesa Adat Culik I Nyoman Alit Biantara, Kelian Banjar Lebah, Desa Purwakerti I Wayan Suartana, petugas pemadam kebakaran dan segenap tokoh masyarakat.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti sebab jauh dari pemukiman penduduk. "Bisa saja gesekan kayu karena ditiup angin kencang kemudian menimbulkan percikan api lalu membakar alang-alang yang ada di sekitarnya," jelas Perbekel Desa Purwakerti I Nengah Karyawan. Lahan bukit yang terbakar itu milik Desa Adat Culik, Kecamatan Abang. Kebakaran itu baru diketahui setelah muncul kepulan asap dari pucak Bukit Jemeluk disaksikan Kelian Banjar Lebah I Wayan Suartana sekitar pukul 11.00 Wita. Selanjutnya dilaporkan ke Perbekel Purwakerti I Nengah Karyawan yang diteruskan ke petugas pemadam kebakaran. *k16

Komentar