nusabali

Diduga Korsleting, Gedong Pura Dalem Sidayu Terbakar

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-gedong-pura-dalem-sidayu-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali
Palinggih Gedong Penyimpenan di Pura Dalem Setra, Desa Adat Sidayu Tojan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, terbakar, Selasa (1/9) siang.

Diduga, kebakaran akibat korsleting listrik di bangunan setempat. Sebelum terbakar tidak ada krama yang mabanten ke pura. Amukan api pun baru dapat dipadamkan setelah 4 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung, terjun ke lokasi. Tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 200 juta. Kapolsek Banjarangkan, AKP Ketut Suaka Purnawasa mengatakan, kebakaran ini diketahui sekitar pukul 12.30 Wita. Ketika itu, krama setempat Ni Wayan Sidri,45, kebetulan lewat di depan Pura Dalem Setra. Tiba-tiba dia melihat atap ijuk palinggih Gedong Penyimpenan di sebelah pojok selatan melihat asap tebal.

Melihat kejadian itu, Sidri langsung menyampaikan kepada krama sekitar, ada juga yang membunyikan kulkul bulus (kentongan dipukul kencang). Tak berselang lama, ratusan krama datang ke TKP untuk memadamkan api secara manual dengan cara menyemprotkan air. Di satu sisi krama juga menghubungi petugas Damkar. Akhirnya petugas Damkar tiba dengan empat unit armada, mereka langsung berjibaku memadamkan api. "Api berhasil di padamkan sekitar pukul 14.00 Wita," ujar AKP Suaka.

Akibat kebakaran itu membuat palinggih Gedong Penyimpenan terbakar pada ijuk beserta kayunya. "Penyebab kebakaran masih diselidiki," ujarnya.

Bendesa Adat Sidayu Tojan Komang Sudira mengatakan gedong panyimpenan beratap ijuk ludes terbakar. Pratima tidak ada yang terbakar. Ada dugaan kebakaran tersebut dipicu arus pendek atau korsleting. Karena sebelum kebakaran terjadi tidak ada warga yang melakukan persembahyangan. “Pemicunya kami tidak tahu pasti. Yang jelas kerugian dari kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 200 juta lebih. Dan untuk langkah selanjutnya kami akan melakukan paruman dulu dengan krama,” kata Sudira.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, sembari menunggu laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), akan mengupayakan bantuan untuk renovasi gedong tersebut. "Saya akan berusaha mengalokasikan anggaran membatu untuk perbaikan pura tersebut," ujar Bupati asal Nusa Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Bupati Suwirta mengimbau semua warga terutama yang dekat dengan pura yang beratap ijuk untuk lebih berhati-hati dan waspada. Antara lain, dalam hal pemasangan arus listrik dan tidak membakar sampah sembarangan. “Musibah ini mengajarkan kita semua untuk selalu waspada dan berhati-hati, agar musibah serupa tidak terulang lagi," imbuhnya. *wan

Komentar