nusabali

Bali United Fokus Genjot Fisik Pemain Empat Pekan

  • www.nusabali.com-bali-united-fokus-genjot-fisik-pemain-empat-pekan

MANGUPURA, NusaBali
Pelatih fisik Bali United Yogi Nugraha tetap menerapkan program dengan tahapan maksimal dan sama kepada seluruh pemain.

Setelah latihan pada Jumat (6/8), latihan fisik akan kembali digenjot hingga empat pekan ke depan. Menurutnya, fokus fisik jadi pembenahan utama tim, setelah melihat kondisi pemain mengalami penurunan akibat libur empat bulan.

"Secara umum latihan pada empat hari ini, kondisi fisik pemain memang menurun. Bagi saya itu sangat wajar. Karena pemain libur sejak 16 Maret lalu, dan hanya beraktivitas di rumah. Hal itu terhitung selama empat bulan. Jadi wajar berat badan terus menurun," ungkap Yogi Nugraha, Kamis (6/8).

Menurut Yogi, dari program tes diawal latihan pada Senin (3/6) ada tahapan program fisik yang harus dilahap pemain Serdadu Tridatu, seperti aerobik dan distring. Selain itu, juga lari mengelilingi Lapangan Tri Sakti Legian Kuta.

Menurut Yogi, ada 3-4 pemain yang kelebihan berat badan. Salah satu pemain yang paling menonjol berat badannya adalah bek tengah William Pacheco, yang terlihat gemuk, dibandingkan saat kompetisi liga bergulir. Namun kegemukan pemain asal Brasil itu dinilai masih wajar karena saat libur pulang kampung.

Pasalnya, di Brasil juga terjadi pandemic Covid-19, dan angka kematian cukup tinggi. Dari penuturan William, dia memang lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

"Ya kita maklumi saja kelebihan berat badan pemain itu. Kan masih ada waktu yang cukup panjang menyiapkan tim menuju lanjutan kompetisi Piala AFC Grup G Laga Piala AFC pada akhir September nanti,”kata Yogi Nugraha.

Menurut Yogi, para pemain masih punya waktu empat minggu untuk meningkatkan fisik. Dia juga sudah menyiapkan program tambahan kepada pemain yang punya kelebihan berat badan, dan dilakukan dengan baik. Yogi pun optimis seiring proses latihan pada awal September nanti kondisi fisik pemain cukup signifikan. Apalagi pemain juga tetap professional dan tidak diam di rumah, serta tetap latihan secara terbatas. Hal itu cukup membantu menjaga kondisi fisik pemain.

"Yang jelas semua pemain entah itu asing dan lokal. Wajib mengikuti program fisik secara tepat. Programnya kita samakan dan tidak ada perbedaan antara pemain satu dengan yang lainnya. Semua tahapan harus diikuti dengan baik," kata Yogi Nugraha.

Apalagi ada sejumlah pemain belum bergabung latihan dan harus mengikuti protokol kesehatan lebih dulu, seperti Test Swab dan Rapid Test. Sebelumnya, hasil kedua test tersebut kepada pemain, tim pelatih, dan ofisial hasilnya negatif.*dek

Komentar