nusabali

Shin Tae-yong Kritik PSSI

Komitmen Urusi Timnas Dipertanyakan

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-kritik-pssi

Ketua Umum PSSI saat diwawancarai media lokal menyatakan dukungan penuh untuk semua program. Saya ditantang membuat visi. Saya ditantang gagasan dan segala kemungkinan dari PSSI.

JAKARTA, NusaBali

Pelatih Shin Tae-yong melancarkan serangan kritik kepada PSSI.  Pelatih asal Korea Selatan itu mempertanyakan keseriusan dan komitmen para pengurus federasi terhadap Timnas Indonesia. Bahkan Shin Tae-yong merasa tidak didukung secara penuh oleh federasi sepakbola Indonesia itu.

Shin Tae-yong menilai untuk membantu Timnas meraih prestasi tak bisa hanya dilakukan pelatih. PSSI juga harus membantu pelatih mewujudkan program-program yang dirancangnya.

Pelatih yang membawa Korsel di Piala Dunia 2018 itu menyebutkan, sebelum ada pandemi virus corona dirinya merancang program khusus untuk Timnas U-19. Contohnya, ingin melakukan pemusatan latihan di luar negeri.

"Awalnya, program dirancang sampai Mei 2021. Seperti pemusatan latihan di Jerman yang seharusnya digelar pada April lalu," kata Shin Tae-yong, dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Joins, Kamis (18/6).

"Namun, terjadi pandemi virus corona dan saya akhirnya mengirimkan kembali program pelatihan ke PSSI. Pada 1 Juli saya ingin mengadakan pelatihan di Korea Selatan dan negara lainnya," ucap Shin Tae-yong, yang dilansir Bola.com.

Namun respons PSSI tampaknya kurang menyenangkan Shin Tae-yong. Pandemi virus corona yang masih melanda menjadi alasan PSSI untuk mengurungkan niat Shin Tae-yong melakukan pemusatan latihan di luar negeri.

Sikap itulah yang membuat Shin Tae-yong mempertanyakan komitmen PSSI terhadap Timnas Indonesia. Apalagi dirinya dibebani target yang tidak mudah di Piala Dunia U-20 2021.

"Ketua Umum PSSI ketika diwawancarai media lokal menyatakan dukungan secara penuh untuk semua program. Saya ditantang membuat visi. Saya ditantang gagasan dan segala kemungkinan dari PSSI," ucap Shin Tae-yong.

"Untuk melakukannya, kami harus bergerak bersama selangkah demi selangkah. Awalnya, saya mencoba melakukan segalanya, namun akhirnya saya harus mengubah sikap," tegas Shin Tae-yong.

Dia pun memperingatkan PSSI agar fokus pada usaha untuk membantu Timnas Indonesia berprestasi. Bukan lebih mengurusi hal-hal yang hanya menguntungkan kepentingan pribadi. Menurutnya, PSSI seharusnya fokus pada sepakbola. Negara-negara mengembangkan sepakbolanya lebih dikenal orang, daripada pejabat federasinya. *

Komentar