nusabali

Timnas U-16 Butuh Ujicoba

  • www.nusabali.com-timnas-u-16-butuh-ujicoba

JAKARTA, NusaBali
Timnas Piala Asia U-16 2020 dipastikan akan digelar sesuai jadwal. Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti pun segera mengagendakan ujicoba sebelum terbang ke Bahrain.

Kepastian Piala Asia U-16 digelar sesuai jadwal diketahui setelah rilis AFC yang segera menggelar undian di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (18/6). Di hari yang sama juga dilakukan pengundian Piala Asia U-19 2020.

Bima Sakti merespons hal itu dengan berencana menggelar ujicoba bagi tim asuhannya pada bulan Juli nanti. Dia ingin ujicoba internal lebih dulu, baru kemudian menghadapi tim luar.

"Saya juga sudah berkoordinasi dengan PSSI dalam hal ini melalui Direktur Teknik Coach Indra Sjafri. Beliau akan membantu mencarikan solusi untuk Timnas U-16," kata Bima, di laman PSSI.org, Kamis (11/6).

Bima menilai pada Agustus nanti waktu paling ideal menggelar ujicoba internasional. Itu karena mulai mendekati Piala Asia U-16 yang digelar pada 16 September-3 Oktober. Namun Bima juga tak mempersoalkan jika gagal mendapat lawan ujicoba internasional. Namun terpenting kemampuan anak asuhnya segera dipantau lewat ujicoba internal.

"Bulan Agustus otomatis kami harus mengikuti turnamen atau uji coba internasional, karena 18 Juni ini sudah tahu jadwal dan tim lawan lewat pembagian grup. September kan sudah mulai (Piala Asia U-16)," tutur Bima Sakti.

Saat ini Bima Sakti hanya menggelar pemusatan latihan secara virtual, menyusul belum redanya pandemi virus Corona.  Sebelumnya, TC virtual juga dilakukan Timnas U-19, sejak 14 Mei.

"Saya memikirkan juga TC virtual. Selama ini kami masih latihan lewat aplikasi saja. Ya, tentu untuk menjaga kondisi saja," kata Bima.

Menurut Bima, program latihan yang selama diberikan selama jeda pelatnas hanya untuk menjaga kondisi tubuh pemainnya agar tetap fit. Sedangkan program pasti belum diterapkan. Sedangkan TC virtual menu latihan dari pelatih fisik harus ditambah dengan materi teknik. *

Komentar