nusabali

Serie A Boleh Berlatih Tim, PM Italia Minta Jaminan

  • www.nusabali.com-serie-a-boleh-berlatih-tim-pm-italia-minta-jaminan

ROMA, NusaBali
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte meminta ‘lebih banyak jaminan’ sebelum memberikan lampu hijau dimulainya lagi kompetisi Serie A, setelah lockdown dua bulan karena pandemi virus corona.

Semua klub Serie A memulai latihan secara tim atau kelompok pada Senin (18/5) ini. Meski mereka menyarankan 13 Juni sebagai tanggal restart kompetisi, namun masih ada perbedaan tentang bagaimana melanjutkan kompetisinya.

"Sebelum memulai musim, kami membutuhkan beberapa jaminan lagi dan, berbicara kepada Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora, kami tidak memiliki itu untuk saat ini," kata Conte, dalam konferensi pers di televisi Italia, yang disiarkan Minggu (17/5).

Banyak klub menganggap protokol kesehatan, yang dibuat susah payah oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dengan mengikuti rekomendasi Komite Teknis dan Ilmiah Pemerintah Italia, tidak mungkin diterapkan.

Dua poin terbukti bermasalah. Pertama, soal kesulitan logistik bagi klub untuk mengatur periode latihan kelompok dua minggu dari hari Senin.

Para pemain secara teoritis harus berlatih bersama, kemudian makan dan tidur di pusat pelatihan atau hotel yang sepenuhnya tersedia untuk tim demi menghindari risiko penularan. Banyak klub tidak memiliki fasilitas itu.

Poin kedua menyangkut desakan pemerintah terkait karantina bagi seluruh tim dan staf yang terdeteksi positif dalam tes.  Klub-klub Italia lebih menyukai model yang dipakai Jerman, di mana hanya orang yang terinfeksi yang dikarantina.

Sementara itu, klub-klub liga utama Italia boleh lagi berlatih penuh mulai Senin ini. Hal itu sebagai bagian dari pelonggaran lebih jauh dari pembatasan salah satu lockdown virus corona yang paling ketat di dunia.

Sementara di Spanyol, klub-klub dua divisi atas boleh memulai lagi latihan dalam kelompok-kelompok kecil pada Senin pekan depan. Klub dapat memulai latihan secara berkelompok sampai maksimal 10 orang.

Para pemain dari semua klub divisi utama dan kedua telah kembali ke pusat pelatihannya belum lama bulan ini untuk pertama kali sejak semua sepakbola profesional di Spanyol dihentikan sementara pada awal Maret lalu.

Mereka akan masuk ke fase terakhir untuk beraktivitas lagi Senin pekan depan, sedangkan latihan penuh atau fase keempat, akan dibolehkan begitu semua daerah masuk fase kedua keadaan darurat nasional. *ant

Komentar