nusabali

Spaso Usul Tanpa Penonton

  • www.nusabali.com-spaso-usul-tanpa-penonton

MANGUPURA, NusaBali
Penyerang Bali United Ilija Spasojevic berharap kompetisi Liga 1 dilanjutkan, bahkan tanpa penonton.

Menurutnya, para penonton dapat menonton dari rumah. Dibanding tidak ada pertandingan sepakbola, lebih baik Liga bertanding tanpa penonton.

Spaso benar-benar merindukan sepakbola. Selain sebagai pekerjaan, profesi ini dianggapnya sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidupnya.

"Sepak bola buat saya adalah segalanya. Sebulan tanpa sepak bola, hidup tak ada artinya. Bosan sekali," kata pemain naturalisasi kelahiran Montenegro itu.

"Tak ada latihan, tak ada pertandingan. Tak bertemu teman-teman. Latihan mandiri berbeda dengan tim. Jika dengan tim, saya sangat menikmati latihan," kata Spaso,  dinukil dari video wawancaranya dengan Bali United di YouTube.

Sebagai pesepakbola, Spaso hampir punya semuanya. Mulai dari trofi domestik hingga gelar top skorer. Meski begitu, tekad pemain yang karib dipanggil Spaso itu belum habis.

Transfermarkt mencatat, Spaso pernah mengangkat empat trofi bergengsi sepanjang kariernya. Saat memperkuat raksasa Liga Georgia, Dinamo Tbilisi pada 2007-2009, dia meraih dua gelar juara, yakni kompetisi domestik pada 2007-2008 dan Piala Georgia pada 2008-2009. Spaso juga pengoleksi dua gelar trofi Liga 1 bersama Bhayangkara FC pada 2017 dan Bali United pada 2019. Rangkuman gelar Spaso belum termasuk trofi Piala Presiden 2015 bersama Persib Bandung dan gelar Liga Primer Malaysia 2016, kompetisi kasta Malaysia dengan Melaka United. Pada tahun itu Spaso menyabet penghargaan top scorer dengan 24 gol.

"Target saya selanjutnya di sepakbola mungkin juara di Asia, di Piala AFC, bersama Bali United," ujar Spaso.

Namun peluang Bali United menjuarai Piala AFC tahun ini sangat kecil. Pada babak penyisihan grup yang melewati tiga laga saja, tim Serdadu Tridatu ini masih terpuruk di dasar klasemen dengan tiga poin.

Spaso pun belum menyerah. Terlebih di sisa tiga pertandingan, Bali United akan bertindak sebagai tuan rumah pada dua laga di antaranya.

"Setelah pandemi virus corona ini selesai, kami bisa kembali bermain di Piala AFC yang masih menyisakan beberapa laga. Posisi kami memang sulit. Tapi, saya yakin bisa lolos dari babak penyisihan grup," kata Spaso.*

Komentar