nusabali

PSSI, Bayarlah Honor Wasit !

  • www.nusabali.com-pssi-bayarlah-honor-wasit

Terakhir kami menanyakannya waktu pembagian baju wasit untuk Liga 2 awal Maret lalu. Rinciannya Liga 3 empat match, Liga 1 putri satu match dan 3 kali, sebagai wasit cadangan honornya Rp 1,5 juta.

JAKARTA, NusaBali
Wasit final Liga 1 Putri 2019, Juandi Hidayatulloh, belum menerima bayaran sampai saat ini. Selain dirinya, Juandi juga menyebutkan  beberapa wasit yang di daerah-daerah juga banyak menanyakan soal honor wasit yang belum dibayar PSSI hingga saat ini. Juandi sendiri pernah bertanya ke PSSI, namun nihil.

"Jujur tidak ada pemasukan sama sekali (pada situasi seperti ini). Masih ada beberapa match yang belum cair honornya. Saya berharap sekali itu segera cair. Kalau Liga 2 sudah cair, yang belum cair itu honor Liga 3 2019 dan final Liga 1 putri 2019," kata Juandi, Kamis )23/4).

Juandi mengaku sudah meminta kejelasan kepada PSSI. Pihak terkait di PSSI mengatakan sudah ada pengajuan honor namun belum ada tanda tangannya. Juandi juga menyebutkan, beberapa rekannya wasit di daerah juga banyak menanyakan soal honor wasit yang belum dibayar hingga saat ini.

“Terakhir kami menanyakannya waktu pembagian baju wasit untuk Liga 2 awal Maret lalu,"kata Juandi, kepada detikSport.

"Rinciannya Liga 3 empat match, Liga 1 putri satu match dan 3 kali saya ditugasi sebagai wasit cadangan honornya Rp 1,5 juta. Satu kali final Liga 3 honor Rp 3 juta dan honor final Liga 1 putri tidak tahu karena baru sekali bertugas dan langsung di final. Saya berharap honor bisa cair di saat situasi seperti ini," kata Juandi, berharap.

Juandi memimpin laga final leg pertama Liga 1 Putri antara Persib Bandung vs Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (22/12). Lalu leg kedua di Stadion Pakansari.

Menurut Juandi, sudah empat bulan laga final itu berlalu, ternyata belum menerima honor wasit.  Selain itu, beberapa honor saat bertugas di Liga 3 musim lalu juga belum didapat. Di sisi lain, honor Liga 2 musim ini justru sudah dia terima.

Sementara beberapa waktu lalu, Ketua Komisi Wasit PSSI Sonhadji pernah mengatakan soal honor wasit yang belum terbayar. Hal itu dikarenakan sejumlah sponsor juga belum membayar kewajiban membuat pihaknya kesulitan mencari solusi menggaji wasit.

Penundaan kompetisi selama masa pandemi virus corona tidak hanya memberikan dampak pada kondisi finansial klub dan pemain. Wasit dan perangkat pertandingan juga jadi salah satu pihak yang dirugikan secara langsung atas penangguhan Liga 1 dan Liga 2.

Pasalnya, kedua elemen itu baru mendapatkan honor jika ada pertandingan.  Tanpa adanya laga, baik wasit maupun perangkat pertandingan tidak akan memiliki pemasukan sama sekali.

Sedangkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan hanya meminta semua pihak untuk menanti perkembangan lebih lanjut dari masalah itu. Menurutnya, situasi saat ini memiliki dampak cukup besar kepada semuanya, termasuk wasit. *

Komentar