nusabali

Garuda Muda Gilas Jordania, Komang Teguh Cetak Gol Lagi!

  • www.nusabali.com-garuda-muda-gilas-jordania-komang-teguh-cetak-gol-lagi

DOHA, NusaBali.com - Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Jordania dengan skor 4-1 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024).

Kemenangan di hadapan 5.632 penonton yang 3.000 di antaranya warga negara Indonesia ini mengantarkan Timnas ke posisi kedua Grup A dengan 6 poin, di bawah Qatar yang bermain imbang 0-0 dengan Australia dan mengoleksi 7 poin.

Keberhasilan ini membuat Indonesia bukan hanya menjadi debutan di Piala Asia U-23. Namun sekaligus mencatat sejarah lolos ke babak 8 besar dalam partisipasi pertamanya.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Pada menit ke-5, peluang emas tercipta melalui tembakan Rafael Struick dari umpan Witan Sulaeman, namun kiper Jordania Ahmad Juaidi berhasil menepisnya.

Tak lama kemudian, Pratama Arhan melepaskan lemparan ke dalam panjang dari sisi kanan, bola berhasil masuk ke gawang Jordania, namun tidak dihitung gol karena bola tidak mengenai pemain di lapangan.

Pada menit ke-21, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Sruick dilanggar di kotak terlarang. Marselino yang maju sebagai eksekutor penalti dengan tenang melesakkan bola ke sisi kanan gawang Jordania, membawa Indonesia unggul 1-0.

Indonesia menggandakan skor pada menit ke-41 melalui kerja sama apik Marselino, Rizky Ridho, dan Witan. Diawali bola sodoran Marselino kepada Rizky Ridho, bola segera diteruskan kepada Witan yang menyelesaikan peluang dengan sepakan akurat ke sisi kanan gawang Ahmad Juaidi.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Peluang bagus didapat dari Justin Hubner yang melakukan serangan balik, tetapi sepakan penyelesaiannya melebar.

Dua kali gawang Indonesia berada di bawah ancaman serius. Bashar Aldiabat melepaskan tembakan yang masih melambung, sedangkan Hubner melakukan blok penting untuk mencegah tembakan Aref Haitham mengarah ke gawang Indonesia.

Indonesia kemudian menambah keunggulan pada menit ke-69 melalui gol kedua Marselino. Ia melakukan kerja sama apik dengan Witan, untuk kemudian memaksa kiper Ahmad Juaidi memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya.

Jordania sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-79. Tembakan spekulasi pemain pengganti Waseem Wasef mengenai kaki Hubner untuk mengecoh kiper Ernando, dan bersarang ke gawang Indonesia.

Namun, Indonesia berhasil memulihkan keunggulan tiga gol pada menit ke-86. Sundulan Komang Teguh Trisnanda memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan bersarang mulus ke gawang Jordania.

Kemenangan 4-1 ini mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Lawan mereka di perempat final akan ditentukan siapa yang menjadi juara Grup B, yakni, antara Jepang atau Korea Selatan.


Komentar