nusabali

Hotel Inna Grand Bali Beach Terbakar, Tamu Dievakuasi

  • www.nusabali.com-hotel-inna-grand-bali-beach-terbakar-tamu-dievakuasi

Kebakaran terjadi di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Minggu (1/3) sore pukul 17.45 Wita.

DENPASAR, NusaBali

Karena musibah kebakaran ini, tamu yang menginap di 40 kamar hotel bintang lima ini terpaksa dievakuasi ke Inna Bali Beach Garden yang berada di sisi selatan tower.

Belum diketahui pasti, berapa tingkat kerusakan akibat kebakaran ini. Namun, informasinya, tidak ada kamar hotel yang ludes terbakar. Kepulan asap awalnya muncul di Lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach saat kondisi hujan dan banyak terjadi petir. Namun, api dengan cepat berhasil dipadamkan petugas, sehingga tak ada korban nyawa maupun terluka dalam musibah ini.

Saat NusaBali ke lokasi TKP tadi malam pukul 19.30 Wita, api dan asap sudah padam. Di lokasi terlihat aman saja. Tidak terlihat penumpukan penghuni hotel di halaman hotel. Sayangnya, NusaBali tidak mendapat informasi penting terkait kebakaran ini. "Mohon maaf Pak, untuk peristiwa ini tanya ke Polsek Denpasar Selatan saja," ujar seorang Satpam sembari melarang masuk ke hotel berlantai 11 tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubbag Humas Polresta Denpasar, Iptu Andi Muhamad Nurul Yaqin, mengaku belum mengetahui secara persis kejadian yang menimpa Hotel Inna Grand Bali Beach ini. "Saya belum dapat laporan resmi tentang kronologis peristiwanya," jelas Iptu Nurul Yaqin tadi malam.

Sementara, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace menyebutkan, awalnya kebakaran terjadi di plafon Lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach. Diduga kebakaran karena terkena sambaran petir. “Sebenarnya kebakaran di Lantai 10 sudah bisa dipadamkan oleh internal hotel,” ujar Cok Ace yang juga Ketua BPD PHRI Bali dilansir bisnisjakarta di lokasi TKP, tadi malam.

Namun, diduga ada percikan api yang jatuh di ruangan laundry di Lantai Dasar. Karena pihak hotel tidak berhasil memadamkannya, maka dimintalah bantuan ke Damkar Denpasar. “Dengan 4 unit mobil pemadam kebakaran, api akhirnya berhasil dipadamkan,” jelas Cok Ace.

Terkait tamu hotel, menurut Cok Ace, sebenarnya aman saja, karena kebakaran di Hotel Inna Grand Bali Beach tidak merembet ke kamar-kamar. Namun, demi kenyamanan dan keamanan, tamu di 40 kamar sudah dipindahkan ke sayap bagian selatan. “Untuk tamu-tamu sudah aman juga. Karena tidak mau berisiko, tamu di 40 kamar sudah dipindahkan ke wing bagian selatan,” papar tokoh pariwisata asal Puri Agung Ubud, Gianyar ini.

Cok Ace menilai penanganan kebakaran di Hotel Inna Grand Bali Beach sudah sangat baik. Tamu yang menginap pun sudah ditangani. Manajemen hotel juga akan mengecek lebih lanjut terkait kemungkinan korsleting. Pengecekan akan dilakukan, Senin (2/3) ini.

Sedangkan Kepala BPBD Denpasar, IB Joni Ariwibawa, menyatakan dugaan sementara, kebakaran di Hotel Inna Grand Bali Beach disebabkan karena sambaran petir. Tadi malam, pihak PLN sempat melakukan pengecekkan.

Sementara itu, dalam rilisnya yang diterima NusaBali tadi malam, pihak manajemen hotel menyatakan asap yang pertama muncul di Lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach. Api segera dapat dipadamkan oleh Tim Fire Brigade Hotel. Namun, petang pukul 18.15 Wita, kembali muncul asap di lantai dasar Hotel Inna Grand Bali Beach. Pihak hotel pun me-minta bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Public Relations Manager Hotel Inna Grand Bali Beach, Ida Ayu Dewi Apriyanti, tidak ada korban jiwa maupun terluka dalam kejadian ini. Para tamu juga telah dipindahkan ke Inna Bali Beach Garden dalam keadaan aman. Sedangkan asap di Lantai 10 maupun Lantai Dasar (area laundry) semuanya telah berhasil dipadamkan. “Untuk penanganan lebih lanjut, Grand Inna Bali Beach akan berkoordi-nasi dengan pihak yang berwenang,” jelas Dewi Apriyanti.

Dewi Apriyanti menyebutkan, segenap manajemen Hotel Grand Inna Bali Beach menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar, sehingga kebakaran di hotel ini bisa diatasi. *pol

Komentar