nusabali

Satker Serahkan Pamsimas di Tiga Desa

  • www.nusabali.com-satker-serahkan-pamsimas-di-tiga-desa

Kepala Satuan Kerja Pamsimas Karangasem, I Gusti Lanang Suyadnya, menyerahkan pengelolaan Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) untuk tiga desa di Balai Banjar Bukit, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem, Selasa (14/1).

AMLAPURA, NusaBali
Tiga desa penerima Pansimas yakni Desa Ban dan Desa Sukadana Kecamatan Kubu serta Desa Datah, Kecamatan Abang. Pamsimas ini masih ujicoba dan diharapkan masyarakat berswadaya melakukan sambungan rumah (SR).

Gusti Lanang Suyadnya mengatakan, dari 15 Pamsimas untuk 15 desa, hanya untuk Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu yang belum diserahkan. “Semua desa yang kebagian program Pamsimas berencana melanjutkan dengan swadaya memasang sambungan rumah. Sehingga air bisa langsung mengalir ke rumah-rumah,” kata Gusti Lanang Suyadnya. Sementara Pamsimas di Banjar Bukit, Desa Sukadana memanfaatkan sumber air dari sumur gali di Banjar Tigaron Timur, di utara Kantor Desa Sukadana.

Perbekel Desa Sukadana I Gede Suardana mengatakan, Pamsimas nantinya dimanfaatkan warga dari Banjar Bukit yang berpenduduk 1.278 jiwa dan Banjar Mekar Sari berpenduduk 683 jiwa. “Kami berharap kebutuhan air di Banjar Bukit dan Banjar Mekar Sari teratasi, tidak lagi kesulitan di musim panas. Selebihnya saya atasi dengan PAM Desa,” kata Gede Suardana.

Sedangkan penyerahan Pamsimas di Kantor Desa Tri Eka Buana telah terpasang 12 SR. Pamsimas Desa Tri Eka Buana sasarannya 700 KK di tiga banjar yakni Banjar Telunwayah Duuran, Banjar Telunwayah Betenan, dan Banjar Punghutan. Air diangkat dari Sungai Wi. Sedangkan penyerahan Pamsimas di Banjar Bangle, Desa Bunutan, telah melakukan sambungan rumah sebanyak 243 SR untuk 1.732 jiwa. Proyek Pamsimas bantuan pusat sebesar Rp 245 juta, sisanya ditutupi swadaya desa. *k16

Komentar