nusabali

Jalan Sehat 'Umat Rukun Indonesia Maju'

  • www.nusabali.com-jalan-sehat-umat-rukun-indonesia-maju

Ribuan umat beragama mengikuti jalan sehat kerukunan serangkaian Peringatan Hari Amal Bakti ke-74 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Denpasar, Minggu (5/1) pagi.

DENPASAR, NusaBali

Menariknya, jalan sehat ini melibatkan seni budaya yang berkembang di masing-masing agama. Jalan sehat bertemakan 'Umat Rukun Indonesia Maju' ini dibuka oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Berbagai kesenian ditunjukkan. Seperti misalnya pertunjukan Barong Sai, Marching Band, hingga Balaganjur. Wagub Cok Ace tampak ikut berbaur mengikuti jalan sehat mengelilingi lapangan.

Potret keberagaman dalam peringatan HAB ke-74 ini diharapkan menjadi cerminan kerukunan umat beragama di Bali. Terlebih Bali menduduki rangking 3 se-Indonesia terkait toleransi kerukunan umat beragama. “Kerukunan di Bali sangat kondusif. Bahkan kita ada di rangking 3 setelah Papua dan NTT terkait tingkat kerukunan,” ujar Wagub Cok Ace

Wagub Cok Ace pun mengapresiasi peran serta Kanwil Kemenag Bali beserta tokoh agama di Bali yang telah menjaga keharmonisan di Bali selama ini. Dikatakan, Bali yang tergantung dari pariwisata, sangat sensitif dengan masalah keamanan maupun disharmonis. Maka dari itu, Wagub Cok Ace mengajak semua pihak bersama-sama menjaga kerukunan. “Saya ingin mengajak seluruh masyarakat Bali agar jadi agen perubahan dalam menjaga kerukunan. Karena rukun beragama menjadi modal menjaga integritas nasional,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kanwil Kemenag Bali, I Nyoman Lastra menyampaikan serangkaian HAB ke-74 ini telah digelar berbagai kegiatan. Diawali dengan persembahyangan bersama semua agama, kerja bakti, bakti sosial di Panti Asuhan Gianyar dan Bangli, lomba penilaian pelayanan terpadu satu pintu di masing-masing Kanwil Kemenag Kabupaten/Kota, kegiatan penataan lingkungan kantor, lomba peluncuran video pendek zona integritas, hingga lomba peragaan busana adat ke kantor. “Beberapa waktu lalu kami juga melakukan ziarah ke Taman Makam Pancakatirta,” ujarnya. *ind

Komentar