nusabali

Korlantas Polri Kerahkan 1.530 Personel dan 310 Kendaraan untuk Amankan WWF 2024

  • www.nusabali.com-korlantas-polri-kerahkan-1530-personel-dan-310-kendaraan-untuk-amankan-wwf-2024

DENPASAR, NusaBali.com- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap mendukung kelancaran dan keamanan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024. Sebanyak 1.530 personel BKO dan 310 unit kendaraan operasional akan dikerahkan untuk membantu Polda Bali dalam hal pengamanan, pengawalan rute, dan perparkiran (pamwalrolakir).

"Korlantas Polri mengerahkan 2.446 personel Ditlantas Nusantara, dari Korlantas sendiri akan di-BKO 1.530 personel ke Polda Bali," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan dalam apel pelepasan tim BKO Korlantas Polri di NTMC Korlantas Polri, Jakarta, Kamis.

Selain personel, Korlantas Polri juga akan menggunakan 310 unit kendaraan operasional roda dua dan roda empat, baik yang berbahan bakar fosil maupun listrik. Kendaraan listrik akan digunakan khusus untuk pengawalan dan pengamanan tamu VVIP dan setingkat kepala negara peserta World Water Forum ke-10.

"Kenapa kami BKO-kan kendaraan listrik, karena untuk kepala negara dan setingkat kepala negara atau yang mewakili kepala negara itu, untuk pengawalannya menggunakan kendaraan listrik," jelas Irjen Pol. Aan Suhanan.

Dalam pelaksanaan pengamanan VVIP, Korlantas Polri akan bekerja sama dengan TNI selaku pengendali operasi. Sementara itu, Polri bertanggung jawab dalam operasi pengamanan side event dari World Water Forum ke-10.

Polri akan melaksanakan Operasi Puri Agung 2024 selama 10 hari, dari tanggal 17-26 Mei. Personel BKO Korlantas Polri akan diberangkatkan menuju Bali pada tanggal 10 Mei, sedangkan kendaraan operasional yang di-BKO-kan sudah lebih duluan diberangkatkan melalui jalur darat.

World Water Forum ke-10: Membahas Isu Penting Terkait Air

World Water Forum ke-10 akan membahas beberapa isu penting terkait air, seperti konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam. Forum ini mengusung konsep "Water for Shared Prosperity" atau Air untuk Kemakmuran Bersama.

Pertemuan para pemimpin global ini akan membahas masalah air dan mencari solusi untuk meningkatkan pengelolaan air. Acara internasional bergengsi ini mengusung enam sub-tema utama, yaitu:
  • Ketahanan dan kesejahteraan air
  • Air untuk manusia dan alam
  • Pengurangan dan pengelolaan risiko bencana
  • Tata kelola, kerja sama, dan hidro-diplomasi
  • Pembiayaan air berkelanjutan
  • Pengetahuan dan inovasi
Sebagai hasil forum ini, akan dikeluarkan sebuah Ministerial Declaration atau Deklarasi Menteri yang akan diikuti dengan proyek-proyek, inisiatif, dan tindakan bersama yang nyata.

Korlantas Polri berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam kelancaran dan keamanan World Water Forum ke-10. Pengalaman dan profesionalisme Korlantas Polri diharapkan dapat membantu memastikan acara ini berjalan dengan sukses dan aman.

Komentar