nusabali

SMA PGRI Ulangan Pakai Handphone

  • www.nusabali.com-sma-pgri-ulangan-pakai-handphone

Pada semester berikutnya, SMA PGRI rencanakan seluruh siswa ulangan dengan android.

AMLAPURA, NusaBali

SMA PGRI Amlapura menggelar ulangan umum menggunakan aplikasi android. Siswa melihat soal-soal dan menjawab melalui handphone. Ulangan jadi praktis dan hasilnya dengan cepat didapatkan. Begitu selesai ulangan, hasilnya bisa kelihatan. Guru tidak perlu lagi memeriksa hasil ulangan seperti yang selama ini dilakukan secara manual.

Ulangan umum menggunakan aplikasi android baru diperkenalkan untuk siswa kelas XI dan kelas XII program IPA. Sedangkan untuk kelas lainnya, masih mengerjakan soal secara manual. Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik mengatakan, kelas XI IPA dan kelas XII IPA masing-masing enam kelas, tiap kelas berisi 36 siswa, total yang ikut ulangan umum berbasis aplikasi android 432 siswa.

Sedangkan kelas X program IPA, IPS, dan bahasa serta kelas XI dan kelas XII program IPS dan bahasa mengikuti ulangan secara manual. “Ini baru ujicoba, ternyata hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Makanya saya ikutkan ulangan umum berbasis aplikasi android dari kelas XI dan kelas XII program IPA,” ungkap Ketut Jelantik, Rabu (23/10). Operator ulangan berbasis aplikasi android adalah I Kadek Lay. “Rencananya di semester berikutnya, semua siswa diwajibkan ikut ulangan berbasis android,” terang mantan Kasek SMAN 1 Amlapura ini.

Mata pelajaran yang diujicobakan yakni Matematika. Sebelum seluruh siswa menjawab melalui HP, terlebih dahulu soal-soal tersebut dikerjakan secara manual, setelah dapat jawaban dipilih jawaban sesuai yang diinginkan karena ulangan dengan model objektif. “Harapan kami para siswa sejak dini terbiasa menjawab soal gunakan teknologi, nanti akan lebih mudah jika ikut UNBK,” tambahnya. Ulangan yang digelar berbasis aplikasi android, menggunakan jaringan internet lokal. Terlebih dahulu mengisi biodata sebelum menjawab soal,  juga teknik menjawab soal. *k16

Komentar