nusabali

Skor Akreditasi SMA PGRI Saingi SMAN

  • www.nusabali.com-skor-akreditasi-sma-pgri-saingi-sman

AMLAPURA, NusaBali - SMA PGRI Amlapura makin mampu bersaing dengan SMA negeri. SMA swasta ini berhasil mencatat skor tertinggi atau 93 kategori A dari akreditasi tahun 2023. Raihan ini sama dengan beberapa SMAN di Bali, khususnya di Karangasem.

Raihan skor tertinggi itu tak dinyana. Karena beberapa tahun belakangan penerimaan siswa baru di SMA PGRI terus menurun. Namun demikian, kualitas pengelolaan sekolah ini tetap mampu mengimbangi SMA negeri. "Karena kualitas pengelolaannya bersaing dengan sekolah negeri, makanya skor akreditasinya tetap tinggi," jelas Kasek SMA PGRI I Ketut Jelantik, didampingi Wakasek Kurikulum Ni Made Puput Sutarmi, di ruang kerjanya, Jalan Sudirman, Amlapura, Senin (18/12).

Sebagai perbandingan, hasil akreditasi dengan skor 93 kategori A juga diraih SMAN 2 Amlapura dan SMAN 3 Amlapura. Skor tertinggi akreditasi diraih SMAN 1 Amlapura dan SMAN 3 Denpasar untuk Provinsi Bali, yakni skor 96 kategori A.

"Itu artinya secara kualitas SMA PGRI Amlapura, tetap mampu bersaing dengan sekolah negeri. Walaupun tiap tahun penerimaan siswa diamputasi oleh kebijakan yang tidak memihak sekolah swasta," jelasnya.

Untuk diketahui, SMA PGRI pada tahun ajaran 2023/2024 mendapatkan siswa baru untuk kelas X hanya 60 siswa. Jumlah ini dibagi dua kelas. Sedangkan kelas XI sebanyak 86 siswa dan kelas XII sebanyak 120 siswa. Ini artinya tiap tahun mengalami penurunan jumlah siswa. Bahkan banyak siswa yang telah mendaftar di SMA PGRI, karena keluarnya kebijakan baru, maka banyak pula berbalik mendaftar ke sekolah negeri.

Namun, SMA PGRI tidak menyurutkan tekad untuk  meningkatkan kualitas Pendidikan dengan delapan standar.

Akreditasi dilaksanakan mengacu amanat Permendikbud Nomor : 59 Tahun 2012, khususnya pasal 1 ayat (2) tentang Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah. Kegiatan ini merupakan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Hal ini juga mengacu Surat Edaran BAN Nomor 445/BAN-SM/TU/2022.

I Ketut Jelantik menambahkan, akreditasi nasional menetapkan hasil akreditasi dengan SK Nomor : 105/BAN-PDM/SK/2023. Acuan penetapan itu adalah, PP Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar nasional pendidikan dan UU Nomor : 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dihubungi terpisah, Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengakui hasil akreditasi sekolahnya dengan skor 93. "Lima tahun lagi, kembali mengikuti akreditasi, agar hasilnya lebih baik," harapnya.

Setidaknya, jelas dia, agar delapan standar pendidikan itu bisa merata. Standar dimaksud, standar kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan.7k16

Komentar