nusabali

Wabup Suiasa: Sekaa Teruna Harus Jagra lan Kriya

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-sekaa-teruna-harus-jagra-lan-kriya

Hadiri HUT ST Putra Segara, Banjar Seseh, Cemagi, Mengwi

MANGUPURA, NusaBali

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri HUT ke–39 ST Putra Segara Banjar Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Jumat (23/8) malam, di Wantilan Desa Adat Seseh. Puncak HUT ST Putra Segara ditandai pemotongan tumpeng oleh Wabup Suiasa, diserahkan kepada Ketua ST Putra Segara I Putu Yudi Pramana dan penyerahan punia Rp 29 juta.

Dalam sambutannya Wabup Suiasa mengucapkan dirgahayu ke-39 ST Putra Segara. Ditekankan, sebagai sebuah organisasi kepemudaan, sekaa teruna harus bisa meningkatkan apa yang menjadi konsep Hindu yakni Tri Kaya Parisuda, bagaimana meningkatkan pikiran, perkataan maupun perbuatan.

“Ada dua hal yang menjadi modal utama dari sekaa teruna, yang pertama senantiasa jagra/eling, sadar terhadap diri sendiri, sehingga akan mengetahui arah dan tujuan hidup ke depan. Kedua, kriya, atau terampil, memiliki keterampilan sehingga menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” kata Wabup Suiasa.

Ketua Panitia Ni Putu Silka Tirami, mengatakan perayaan HUT kali ini mengangkat tema ‘Lascarya Tanpa Para, Tunggal Tanpa Tanding’ yang artinya semangat mengabdi dengan tulus ikhlas tanpa pamrih, sehingga menjadi sekaa teruna yang bersatu menjadi yang terbaik dan terhebat. Tema tersebut dikaitkan dengan konsep kehidupan di Bali yaitu Tri Hita Karana.

Rangkaian HUT yakni mareresik pura di Desa Adat Seseh sekaligus persembahyangan bersama, Seseh Fun Bike, lomba menggambar kategori anak TK dan PAUD. “Selain itu digelar utsawa dharma gita, lomba menyalin aksara Bali, dan lomba membuat upacara yang diikuti anak SD dan ST Putra Segara yang bertujuan melestarikan seni dan budaya Bali.”

Pada kesempatan tersebut juga hadir anggota DPRD Badung Wayan Edy Sanjaya, Sekcam Mengwi Nyoman Suartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Cemagi Si Ketut Wirama, Ketua BPD Desa Cemagi Dewa Ardana, Bendesa Adat Seseh Putu Bawa, ketua ST se-Desa Cemagi, dan tokoh masyarakat setempat. *asa

Komentar