nusabali

Nelayan Ngaku Tak Tahu

  • www.nusabali.com-nelayan-ngaku-tak-tahu

Paguyuban nelayan di Nusa Dua tidak pernah mendapati anak hiu berenang di tepi pantai. Diduga video yang beredar lokasinya bukan di Nusa Dua.

Video Anak Hiu Menepi di Pantai Nusa Dua Hebohkan Warganet


MANGUPURA, NusaBali
Sebuah video yang menunjukkan adanya segerombolan anak ikan hiu sedang menepi di bibir Pantai Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung menghebohkan warganet pada Rabu (21/8). Namun, kebenaran video itu justru dipertanyakan oleh paguyuban nelayan di Nusa Dua. Pasalnya, sudah sejak lama nelayan setempat tidak pernah melihat ikan hiu berkeliaran di pantai tersebut.

Dalam postingan netizen disebutkan, sekelompok anak hiu tersebut berenang menepi di bibir Pantai Nusa Dua, namun tidak dijelaskan lokasi pastinya pantai dimaksud. Dalam video juga terlihat seorang wisatawan manca negara sedang mendekat, sementara beberapa wisatawan wanita berada di kejauhan sembari merekam melalui kamera ponsel mereka.

Postingan tersebut disambut beragam komentar dari netizen lainnya. Bahkan ada pula netizen mengaitkannya dengan kejadian mistis, namun banyak pula yang menjelaskan mengenai kondisi alam saat ini. Salah satu netizen dengan akun bernama Gede.satriyadi menulis ‘pratanda jelek sebenernya ini’. Namun, netizen lainnya menyetakan kalau di lokasi itu memang kerap ditemukan anak hiu, bahkan hiu itu datang tiap tahun karena musim dingin. Selain itu netizen tersebut juga mengaku kalau beberapa kali petugas keamanan sempat menangkap beberapa ekor ikan hiu. “Dulu saya kerja di sana, jadi saya tahu betul. Bahkan ada sekuriti yang nangkep, jadi tidak ada hal mistis,” ucap netizen Gusti Krisna Putra Satria dalam komentarnya.

Terkait adanya anak hiu di kawasan Pantai Nusa Dua, Ketua Paguyuban Nelayan Yasa Segara Bengiat, Nusa Dua, I Ketut Koder, menuturkan bahwa setiap hari dirinya bersama nelayan lain hilir mudik di kawasan perairan Nusa Dua. Namun belum pernah menemukan anak hiu yang berenang dan mendekati bibir pantai. Sehingga, ketika ada video viral, dia mengaku kaget. Bahkan, dia juga mempertanyakan kebenaran dari video yang beredar luas di jejaring sosial itu. Hal itu perlu ditelusuri, karena dengan adanya video itu ditakutkan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat dan wisatawan.

“Saya tiap hari mondar-mandir di sepanjang pantai. Tapi, tidak pernah temukan anak hiu atau pun hiu yang berenang di tepi. Ya, kita patut pertanyaan video itu, ditakutkan bisa menimbulkan keresahan,” ungkap Koder, Rabu (21/8) sore.

Dijelaskannya, keberadaan anak hiu yang berenang di bibir pantai itu belum pernah terjadi, kecuali lumba-lumba yang terdampar dan jenis ikan lainnya. Pun kalau isi video tersebut benar adanya, pihaknya berharap agar warga tetap hati-hati saat beraktivitas. Namun, dia menekankan tidak akan ada ancaman dari hiu atau anaknya. “Kemarin, terus tadi (kemarin) juga saya jalan-jalan bibir pantai. Nggak ada tuh hiu. Ya, yang pasti kalau ada, harus hati-hati juga. Tapi saya yakin video itu bukan di Nusa Dua, kemungkinan daerah lain,” tandas Koder. *dar

Komentar