nusabali

Hari Raya Idul Adha, Warga Binaan Rutan Negara Potong 3 Ekor Kambing

  • www.nusabali.com-hari-raya-idul-adha-warga-binaan-rutan-negara-potong-3-ekor-kambing

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Negara, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, turut merayakan Hari Raya Idul Adha  1440 H/2019 di rutan setempat, Minggu (11/8).

NEGARA, NusaBali

Tidak hanya melaksanakan shalat Idul Adha, puluhan warga binaan yang beragama Islam juga diajak memotong hewan kurban berupa 3 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban itu dimulai setelah shalat Ied sekitar pukul 09.00 Wita. Selain warga binaan yang beragama Islam (muslim), pemotongan serta pengolahan daging kambing ini juga dibantu para warga binaan non muslim. Setelah matang, daging kambing yang diolah menjadi sate dan rawon, itu pun dimakan bersama seluruh warga binaan serta petugas Rutan setempat pada jam makan siang pukul 12.00 Wita.

Karutan Negara Purniawal, mengatakan 3 ekor kambing yang disembelih sehubungan Hari Raya Idul Adha di Rutan Negara, ini adalah bantuan dari Kakanwil KemenkumHAM Bali dan Pemkab Jembrana. Saat ini, ada 55 warga binaan yang beragama Islam, dari 130 warga binaan di Rutan Negara. “Pemotongan hewan kurban ini bertujuan agar warga binaan tetap bisa merasakan suasana hari raya seperti warga umumnya. Semua hewan kurban ini diberikan kepada seluruh warga binaan, baik yang muslim maupun non muslim,” ujar Purniawal, Minggu kemarin.

Selain pemotongan hewan kurban, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha kemarin, juga diberlakukan jam besuk khusus untuk keluarga warga binaan yang beragama Islam. Jam besuk khusus itu dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama dari pukul 08.30 hingga 11.15 Wita, dan sesi kedua dari pukul 13.30 hingga pukul 15.15 Wita. Pada kesempatan tersebut para warga binaan dapat berkumpul dengan keluarga mereka di aula rutan. *ode

loading...

Komentar