nusabali

Okupansi Hunian Hotel Saat Libur Idul Adha Naik 15 Persen

DTW Indoor di Denpasar Naik 200 Persen Imbas Hujan

  • www.nusabali.com-okupansi-hunian-hotel-saat-libur-idul-adha-naik-15-persen

DENPASAR, NusaBali - Okupansi hotel di Kota Denpasar selama masa libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 mencapai 15 persen.

Bahkan, kunjungan ke daerah tujuan wisata (DTW) indoor atau dalam ruangan di Denpasar mengalami peningkatan mencapai 200 persen. Peningkatan ini juga disebabkan oleh cuaca hujan deras.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, Minggu (2/7). Menurutnya, berdasarkan laporan beberapa hotel berbintang di Denpasar, kenaikan okupansi hotel berbintang pada cuti bersama maupun libur Hari Raya Idul Adha sekitar 10 persen hingga 15 persen.

Namun, beberapa akomodasi populer di kawasan Sanur ada yang menyentuh hingga 80-90 persen. "Jika melihat rata-rata okupansi hotel berbintang pada bulan Mei 2023, maka rata-rata okupansi hotel berbintang periode Idul Adha kemarin diperkirakan sekitar 60-70 persen," kata Laxmy Saraswaty.

Sementara itu, untuk hotel non bintang rata-rata okupansi diperkirakan sekitar 50 persen dengan kenaikan 5-10 persen. Terkait kunjungan wisatawan ke beberapa DTW di Kota Denpasar pada saat libur Hari Raya Idul Adha terjadi peningkatan sekitar 10 persen.

Namun karena cuaca yang kurang mendukung beberapa hari terakhir menyebabkan wisatawan lebih memilih untuk berkunjung ke DTW dalam ruang (indoor). "Salah satunya Trans Studio Bali yang mengalami peningkatan cukup ekstrem mencapai 100 persen di rata-rata bulan Juni dan diperkirakan meningkat 200 persen pada periode libur Idul Adha," kata Laxmy Saraswaty. 7 mis

Komentar