nusabali

Taman Nusantara Tanamkan Kerukunan Umat Beragama

  • www.nusabali.com-taman-nusantara-tanamkan-kerukunan-umat-beragama
  • www.nusabali.com-taman-nusantara-tanamkan-kerukunan-umat-beragama

GIANYAR, NusaBali - Pemkab Gianyar menggelar Taman Nusantara Gianyar di SMP Hindu Negeri 2 Sukawati, Selasa (25/7).

Kegiatan ini dibuka Kadis Pendidikan Gianyar I Made Suradnya mewakili Bupati Gianyar. Taman Nusantara bertujuan memupuk toleransi dan menanamkan kerukunan antar umat beragama bagi generasi muda.

Program ini merupakan terobosan Pemerintah Kabupaten Gianyar di bawah kepemimpinan Bupati Gianyar Made Mahayastra.

Terobosan Taman Nusantara Gianyar untuk mewujudkan fungsi pendidikan yang terbagi atas tiga komponen besar yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.


Mengembangkan kemampuan, membentuk watak, dan membentuk peradaban bangsa. “Pembangunan watak dan peradaban bangsa menjadi upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Bangsa kita terdiri dari multi etnis, multi agama, adat, dan istiadat,” kata Sekretaris Kegiatan Taman Nusantara Gianyar, Ngurah Adnyana.

Taman Nusantara Gianyar dengan tema ‘Melalui Taman Nusantara Kita Bina Kerukunan Umat Beragama dalam Membangun Sumber Daya Manusia Cerdas, Unggul, dan Berkarakter di Kabupaten Gianyar’.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 25 Juli hingga 29 Juli 2023. Hari terakhir diisi kunjungan lapangan ke tempat ibadah berbagai agama di Kabupaten Gianyar.

Kadis Pendidikan Gianyar I Made Suradnya mengatakan, keanekaragaman suku, agama, dan ras yang membaur dan membangun budaya bangsa Indonesia memiliki dinamika serta nilai estetika tinggi.


Keberagaman ini menjadi potensi yang sangat besar apabila dapat diberdayakan dan dimanfaatkan secara maksimal dalam pembangunan. “Saya sangat berbangga dengan keanekaragaman di Kabupaten Gianyar yang harmonis, toleran antar umat beragama, dan suku yang ada,” kata Made Suradnya membacakan sambutan Bupati Gianyar.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat untuk mengkampanyekan perbedaan itu keindahan yang patut dinikmati sebagai karunia Tuhan. Perbedaan tidak perlu dipertentangkan.

Taman Nusantara Gianyar ini dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan anak-anak. “Saya berharap kegiatan ini mampu membangun pengetahuan dan pemahaman sejak dini terhadap sejarah perkembangan agama di Kabupaten Gianyar,” harapnya.

Taman Nusantara Gianyar sejalan dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Merdeka Belajar. Implementasinya adalah penguatan pendidikan karakter. 7 nvi

Komentar