nusabali

Dekranasda Gianyar Terima Kunjungan Dekranasda Kota Kendari

  • www.nusabali.com-dekranasda-gianyar-terima-kunjungan-dekranasda-kota-kendari
  • www.nusabali.com-dekranasda-gianyar-terima-kunjungan-dekranasda-kota-kendari

GIANYAR, NusaBali - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gianyar menerima kunjungan studi tiru Dekranasda Kota Kendari, Sulawesi Tenggara di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Selasa (28/11).

Pj Ketua Dekranasda Kota Kendari Ny Siti Chomzah Asmaya menuturkan, Kabupaten Gianyar dipilih sebagai lokasi studi tiru karena dinobatkan sebagai kota kerajinan dunia atau world craft city. Dekranasda Kota Kendari diajak keliling melihat proses pengrajin dalam menghasilkan produk.


Ny Siti Chomzah mengatakan, Kabupaten Gianyar sebagai pusat seni dan budaya. Banyak kerajinan dihasilkan oleh para pengrajin seperti tenun, perak, dan lainnya. Kunjungannya ke Gianyar untuk menimba ilmu dengan menggali informasi. “Saya mohon nanti cerita pengalaman mengembangkan kerajinan dan cara promosi dan inovasinya,” pinta Ny Siti Chomzah. Ketua Dekranasda Gianyar yang diwakili Ketua Harian Dekranasda Gianyar Luh Gede Eka Suary menjelaskan, potensi kerajinan memerlukan pembinaan yang terus menerus. 

Dekranasda Kabupaten Gianyar sebagai lembaga perjuangan bagi para pengrajin dan mitra kerja pemerintah telah berperan dalam memfasilitasi transformasi pengetahuan antar pengrajin, melaksanakan pelatihan bagi pengrajin, pameran, dan mencarikan solusi setiap permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin. Pada tahun 2020, Dekranasda Gianyar memfasilitasi pengrajin pelatihan desain Tenun Cagcag dan pewarnaan alam. Menyerahkan bantuan alat Tenun Cagcag sebanyak 15 unit, 2 unit ATBM, dan 1 unit alat Hany kepada Kelompok Tenun Sari Bhakti Banjar Pesalakan. 


“Tenun Cagcag awalnya mati suri karena keterbatasan pengrajin. Berkat inovasi dan bantuan Ketua Dekranasda saat pandemi Covid-19, akhirnya banyak yang diberikan pelatihan sehingga 50 orang pengrajin bisa eksis hingga saat ini,” ungkap Eka Suary. Dekranasda Gianyar juga memberikan bantuan CSR dari PLN berupa alat tenun, pengolahan kayu, dan mesin untuk kerajinan anyaman sandal. Dekranasda Gianyar mengikutsertakan produk kerajinan dan para pengrajin Gianyar dalam berbagai pameran lokal maupun nasional. Ketua Dekranasda Gianyar juga konsisten secara berkala melakukan kunjungan ke pengrajin untuk melihat aktivitas pengrajin dan memberikan motivasi dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan produksi. @ nvi

Komentar