nusabali

Wabup Suiasa Buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-buka-kursus-pembina-pramuka-mahir-tingkat-dasar

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi guru-guru di SMPN 3 Abiansemal, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal, Jumat (26/7).

MANGUPURA, NusaBali

Total yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 peserta dari tujuh SMP negeri dan swasta di Badung. Wabup Suiasa sangat mengapresiasi kegiatan ini terlebih dilakukan secara mandiri. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan. Melalui revitalisasi gerakan pramuka serta penerapan kurikulum 2013 yang mewajibkan peserta untuk mendapatkan pendidikan kepramukaan, adalah upaya meningkatkan pemberdayaan gerakan pramuka yang dilaksanakan secara sistematis, berkelanjutan dan terencana. “Ini dilakukan guna meningkatkan peran serta, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka untuk membentuk karakter, membangun semangat kebangsaan dan warga negara yang bertanggungjawab serta calon pemimpin yang tangguh di masa mendatang,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini saya percaya secara moral peserta telah menyiapkan diri untuk menjadi pembina pramuka yang profesional,” tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia I Nyoman Ratana, yang juga Kepala Sekolah SMPN 3 Abinsemal melaporkan, kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini digelar guna meningkatkan kerjasama, persatuan dan profesionalitas para guru dibidang kepramukaan. Mengingat tuntutan kurikulum 2013 (K13) pembina pramuka harus profesional dan bersertifikat serta ekstra pramuka wajib bagi anak-anak tingkat SMP. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan profesionalitas, dedikasi kita untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan. Meningkatkan kinerja kita demi kemajuan Kabupaten Badung,” katanya.

Adapun peserta dalam kegiatan ini, ungkapnya, berjumlah 50 orang dari 7 SMP negeri dan swasta di Badung yaitu SMPN 3 Abiansemal selaku tuan rumah, SMPN 3 Mengwi, SMPN 2 Kuta Utara, SMP Thomas Aquino, SMP Dharma Sastra, SMP Tegal Jaya dan SMP Taman Sastra. “Kegiatan ini akan berlangsung selama 70 jam dimulai tanggal 26-31 Juli 2019,” tukas Ratana. *asa

Komentar