nusabali

Golkar Bali Terbelah Tiga Kubu

  • www.nusabali.com-golkar-bali-terbelah-tiga-kubu

Laga segitiga perebutan kursi Ketua DPD I Golkar terjadi antara Ketut Sudikerta, Wayan Geredeg, Nyoman Sugawa Korry

DENPASAR, NusaBali
Golkar Bali disebut-sebut terbelah menjadi tiga kubu, terkait bursa perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Bali 2016-2021 melalui ajang Musyawarah Daerah (Musda), Januari-Februari 2015 depan. Tiga kubu tersebut masing-masing gerbong I Wayan Geredeg, gerbong I Nyoman Sugawa Korry, dan gerbong I Ketut Sudikerta.

Trio Wayan Geredeg, Nyoman Sugawa Korry, dan Ketut Sudikerta digadang-gadang akan maju berebut kursi Ketua DPD I Golkar Bali 2016-2021, sehingga potensial terjadi kubu-kubuan. Sedangkan satu kandidat lagi, I Wayan Subawa, dikabarkan masih pasif dan cenderung tidak akan maju ke Musda memperebutkan kursi Ketua DPD I Golkar Bali.

“Dari tiga tokoh Beringin yang sebelumnya dijagokan menantang incumbent Ketut Sudikerta dalam perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Bali melalui Musda nanti, hanya Wayan Subawa yang pasif. Sedangkan Wayan Geredeg dan Sugawa Korry sudah gerilya dukungan, karena serius ingin berebut kursi Ketua DPD I Golkar yang masih diduduki Ketut Sudikerta,” ungkap sumber NusaBali di lingkaran Golkar, Senin (2/11).

Wayan Geredeg merupakan mantan Bupati Karangasem 2005-2010 dan 2010-2015, yang kini masih menjabat Ketua DPD II Golkar Karangasem. Politisi Beringin asal Banjar Kreteg, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini juga masuk struktur sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Golkar 2014-2019 hasil Munas Nusa Dua (pimpinan Aburizal Bakrie).

Sedangkan Nyoman Sugawa Korry adalah politisi senior Beringin asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang kini menjabat Ketua DPD II Golkar Buleleng. Saat ini, Sugawa Korry menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Bali 2014-2019 dari Fraksi Golkar. 
Sementara Wayan Subawa adalah politisi asal Denpasar yang kini Wakil Ketua Bidang Litbang DPD I Golkar Bali. Wayan Subawa merupakan mantan birokrat dengan jabatan puncak sebagai Sekda Kabupaten Badung dan kemudian sempat diusung Golkar sebagai Calon Walikota (Cawali) Denpasar di Pilkada 2010. Sebaliknya, Ketut Sudikerta adalah politisi Beringin asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang kini Ketua DPD I Golkar Bali dan sekaligus menjabat Wakil Gubernur Bali.

Informasi terkini yang dihimpun NusaBali, gerbong di bawah koordinasi Wayan Geredeg sudah bergerak galang dukungan ke DPD II Golkar Tabanan, DPD II Golkar Jembrana, DPD II Golkar Klungkung, serta Ormas Golkar seperti SOKSI, MKGR, AMPI, dan AMPG. Wayan Geredeg terbilang cukup kuat, karena masih menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Karangasem, sehingga minimal 1 suara sudah aman. 

Selanjutnya...

Komentar