nusabali

MotoGP Dijadikan 22 Seri Balapan

  • www.nusabali.com-motogp-dijadikan-22-seri-balapan

Ajang MotoGP akan mengalami penambahan seri balapan dalam satu musim.

BARCELONA, NusaBali

Menurut rencana, dalam tiga tahun ke depan akan ditambah menjadi 22 seri balapan. Untuk tahun ini, MotoGP menggelar 19 seri balapan.

Bertambahnya jumlah seri balapan ini terjadi karena habisnya masa kontrak Dorna dengan pabrikan peserta MotoGP pada 2021. Dorna adalah penyelenggara MotoGP selama ini. Setelah masa kontrak berakhir, rencana yang muncul adalah dengan menambah jumlah balapan dalam semusim untuk masa kontrak pada 2022-2026. Tambahan seri balapan MotoGP diketahui setelah adanya jalinan kerja sama dengan Indonesia dan Finlandia. Dari kabar tersebut bisa diketahui bahwa Sirkuit Mandalika yang saat ini sedang dibangun di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, bisa menjadi salah satu seri MotoGP. Jika tambahan seri tersebut disetujui, maka seri balapan MotoGP akan mempunyai lebih banyak dari ajang Formula 1 yang memiliki 21 seri balapan. Rencana Dorna dan tim pabrikan selanjutnya adalah dengan mengurangi tes pada periode Februari sampai Maret demi menunjang penambahan seri balapan tersebut.

Sementara untuk jumlah pabrikan peserta MotoGP kemungkinan tidak akan bertambah lagi. Saat ini ada enam yang menjadi peserta, yakni Ducati, Honda, Aprilia, KTM, Suzuki dan Yamaha. Adapun jumlah pebalap yang akan berpartisipasi dibatasi menjadi 24 rider di kelas premier. *

Komentar