nusabali

Festival Beraban, Gelar Lomba Ogoh-ogoh Mini hingga Otomotif

  • www.nusabali.com-festival-beraban-gelar-lomba-ogoh-ogoh-mini-hingga-otomotif

DENPASAR, NusaBali - Sekaa Teruna (ST) Dharma Putra, Banjar Beraban, Desa Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat unjuk kreativitas. Dalam gelaran Beraban Festival sekaligus perayaan HUT ke 60, ST Dharma Putra menggelar Lomba Ogoh-ogoh Mini hingga lomba otomotif.

Acara puncak dihadiri oleh sejumlah tokoh gaek termasuk Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara. Hadir juga ‘Senator’ terpilih 2024-2029 I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (AWK), Camat Denpasar Barat Ida Bagus Made Purwanasara.

Acara dibuka dengan penyerahan piala bergilir oleh Walikota Denpasar Jaya Negara kepada Ketua Panitia sebagai tanda dimulainya perebutan piala bergilir dalam ajang Lomba Ogoh-ogoh Mini di Beraban Festival 2024.

Sebelum acara puncak, 13-14 April, sejumlah kegiatan pendahuluan telah dilaksanakan pada 5-7 April lalu. Ada turnamen tenis meja dengan partisipasi dari siswa-siswi SD, SMP. Pada puncak acara Festival Beraban masyarakat disuguhi beragam kegiatan mulai dari lomba otomotif motor, seni tradisional, hingga kontes Ogoh-ogoh Mini, Gayor Mini dan lomba Layangan Celepuk. 

Ketua Panitia Beraban Festival, Yoga Diputra, Sabtu (13/4) kemarin menjelaskan, jumlah peserta yang ikut lomba Tenis Meja ada 272 peserta, Ogoh-ogoh Mini ada 50 peserta, Gayor Mini 5 peserta, Layang-layang 22 peserta, Multitalent 8 peserta, dan Lomba Baleganjur Bebarongan sebanyak 8 tim. Setiap lomba ini terbuka untuk peserta se-Bali. “Siapapun boleh ikut baik sekaa teruna banjar maupun komunitas atau perorangan,” ujar Yoga Diputra.

Lebih lanjut dia menjelaskan, acara ini juga menjadi sarana untuk memberikan nilai dan pengalaman berharga bagi pemuda Banjar Beraban. Dengan hadirnya piala bergilir Walikota, setiap peserta diharapkan akan semakin termotivasi untuk berprestasi dan berkreativitas. “Pada intinya kita ingin menyatukan seluruh yowana pada Banjar Beraban. Lomba-lomba ini diadakan karena agar ada perbedaan dari masing-masing event yang diselenggarakan oleh banjar lainnya,” tegas Yoga Diputra.

Selain lomba, acara ini juga memberikan kesempatan bagi UMKM lokal untuk meramaikan perayaan. Lebih dari 20 UMKM turut serta memeriahkan acara. Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan nilai produk lokal dan mendukung ekonomi lokal. “Festival Beraban merupakan wahana untuk menyatukan pemuda dan krama banjar, serta memberikan dampak positif bagi para pemuda Banjar Beraban, serta pemuda Kota Denpasar secara umum,” ujar Yoga Diputra.cr79

Komentar