nusabali

BOPI Beri Rekom PT LIB, Meski Utang ke Klub Belum Lunas

  • www.nusabali.com-bopi-beri-rekom-pt-lib-meski-utang-ke-klub-belum-lunas

Badan Profesional Olahraga Indonesia (BOPI) secara resmi menyerahkan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggulirkan Liga 1 2019.

JAKARTA, Nusa Bali
Padahal, operator liga satu itu masih menyimpan banyak masalah. PT LIB tercatat belum menyelesaikan semua kewajiban di Liga 1 2018. Tercatat, PT LIB menunggak Rp 2,5 M untuk pelaksanaan agenda pembinaan usia muda di setiap klub. Utang itu pun disebut-sebut karena ada rekanan dari PT LIB yang belum membayar kewajiban.

Situasi ini tentu berbanding terbalik dengan aturan yang dibuat. Klub dilarang ikut kompetisi jika masih menyimpan utang, LIB punya utang kenapa bisa gelar kompetisi?

"Ranah BOPI meyakinkan LIB dan klub untuk memenuhi perundangan Indonesia. Di dalam disebutkan koorperasi internal, yang tak bisa kami masuk ke sana," kata Ketua BOPI, Richard Sam Bera, usai memberikan rekomendasi di Kantor Kemenpora, Senayan, Jumat (9/5).

Richard mengakui hanya bisa mengimbau PT LIB atau siapapun untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban mereka. Richard mengakui BOPI bisa saja tak memberikan rekomendasi. Tapi dia bilang hasil verifikasi sudah baik.

Sementara itu, PT LIB menawarkan opsi untuk melunasi utang-utangnya kepada klub. Mereka mengupayakan jalan pembayaran bertahap kepada klub kontestan. Pilihan itu disampaikan Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit, usai menerima rekomendasi kompetisi Liga 1 2019  Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) .

"Kami dalam rangka menggelar liga 1 2019 kan ada dua tahapan yang dilakukan. Pertama pertanggungjawaban pengurus di RUPS, setelah itu menggelar rapat antar pimpinan klub," kata Dirk.

Meski demikian, pria yang juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI itu enggan menjelaskan lebih detail kapan utang dilunasi. Dia bilang semuanya tergantung pemasukan. Dirk juga tak mau berandai-andai untuk pelunasannya. Dia menghindari ada masalah baru.

"Yang penting apa yang sudah dibeberkan kepada klub dan komitmen untuk menjalankan kegiatan kompetisi sudah kami beberkan tinggal nanti kami jalani," kata Dirk. *

loading...

Komentar