nusabali

Tabanan Gelar Harmoni Festival Dihadiri Megawati, Dimeriahkan Joni Agung

  • www.nusabali.com-tabanan-gelar-harmoni-festival-dihadiri-megawati-dimeriahkan-joni-agung

Untuk mempererat kerukunan umat beragama, Pemerintah Kabupaten Tabanan akan menggelar Tabanan Harmoni Festival (THF) pada 26-27 April 2019 di panggung Garuda Wisnu Serasi (GWS) Taman Kota Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Festival yang menampilkan kesenian dari enam agama di Indonesia ini juga akan dihadiri Megawati Soekarnoputri. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menjelaskan dasar dibuatnya festival untuk merekatkan tali persaudaraan sebagai bentuk wujud kerukunan antarumat beragama, antaretnis, dan suku. “Intinya kami buat festival ini untuk membumikan Pancasila guna semakin mempererat kerukunan,” ungkap Bupati Eka didampingi Sekda Tabanan I Gede Susila, Asisten II Setda Tabanan Anak Agung Tresna Dalem, Plt Kadis Pariwisata Tabanan I Made Yasa saat menggelar jumpa pers, Selasa (23/4).

Dikatakannya, pertunjukkan Tabanan Harmoni Festival fokus menampilkan kesenian yang mencerminkan kerukunan. Karena akan ada satu pagelaran yang menggabungkan enam agama di Indonesia (Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu). “Contohnya nanti, agama Hindu akan menampilkan Barong Bangkung, rebana Muslim, paduan suara dari umat Kristiani. Jadi saat pembukaan pada 26 April itu ada kolaborasi budaya,” imbuhnya.

Bupati Eka menerangkan, di acara tersebut juga diisi acara mendeklarasikan Pancasila karena dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri. “Jadi semua unsur nanti lengkap, Ibu Mega datang, besok (hari ini) tiba di Bali. Dan mudah-mudahan juga Pak M’aruf Amin bersedia hadir,” katanya. Menurut Bupati Eka, anggaran festival diambil dari APBD Tabanan.

Bupati Eka berharap dengan dibuatnya Tabanan Harmoni Festival ini dapat memperkuat semangat persaudaran, saling menghargai, sehingga perbedaan tidak merusak silaturahmi yang telah dibangun. Terlebih lagi hajatan pemilu telah usai, dia berharap seluruh masyarakat yang sebelumnya mempunyai perbedaan segera dilepaskan dan kembali menjalin persaudaraan. “Di situasi panas ini semoga festival harmoni bisa memberikan dampak positif,” ucapnya.

Yang tak kalah penting acara yang juga mengundang kaum milenial untuk ikut bersama membumikan Pancasila, dimeriahkan artis Bali Joni Agung yang akan membawakan lagu salam perdamaian. “Festival ini juga kami gunakan sebagai ajang mempromosikan budaya di Tabanan terlebih saat ini Tabanan telah memiliki panggung GWS,” tegasnya.

Ditambahkan oleh Plt Dinas Pariwisata Tabanan I Made Yasa, Tabanan Harmoni Festival sengaja digelar di GWS untuk mempromosikam destinasi wisata yang ada di kota. Seperti diketahui GWS merupakan panggung terbuka dan terbesar yang dimiliki Tabanan. “GWS saat ini juga bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga di samping digunakan sebagai arena pagelaran seni,” tuturnya. *des

loading...

Komentar