nusabali

IVENDO Bali Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing Industri Event, Gelar Sertifikasi MICE Ke-4

  • www.nusabali.com-ivendo-bali-tingkatkan-kualitas-dan-daya-saing-industri-event-gelar-sertifikasi-mice-ke-4

DENPASAR, NusaBali.com – Di tengah geliat kebangkitan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Bali, IVENDO (Industri Event Indonesia) Provinsi Bali kembali menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di bidang MICE untuk keempat kalinya.

Kegiatan bertajuk Fasilitasi Sertifikasi Profesi Parekraf (FSKPP) ini berlangsung di City of Aventus Hotel Denpasar pada Selasa (20/2/2024).

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 13 badan usaha PCO (Professional Conference Organizer)/EO (Event Organizer) dan pekerja event mengikuti sertifikasi ini. 

Kegiatan diawali dengan pembekalan daring pada Sabtu (17/2/2024) oleh Muh Taupik, selaku manajer sertifikasi LSP PIK.

Ketua IVENDO Bali, Grace Jeanie, mengungkapkan bahwa sertifikasi ini diadakan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing industri event di Bali. Hal ini sejalan dengan makin gencarnya penyelenggaraan kegiatan berskala internasional di Pulau Dewata.

“Sertifikasi ini tidak cukup sekali, harus dilakukan terus menerus agar bisa menjangkau lebih luas ke SDM event di Bali. Asosiasi terus berusaha agar bisa mendapatkan kesempatan tentunya dengan disubsidi oleh pemerintah agar biaya bisa terjangkau,” ujar Grace.

Kebutuhan Sertifikasi yang Tinggi

Ironisnya, meskipun Bali menjadi destinasi unggulan MICE, program pelatihan dan sertifikasi di bidang ini belum pernah diadakan secara resmi. IVENDO Bali harus bergerak mandiri untuk mengupayakan pelatihan dan sertifikasi dengan menghubungi lembaga sertifikasi profesi dan pemerintah terkait.

“Puji Tuhan, tahun ini melalui LSP PIK, IVENDO Bali bisa mendapatkan program sertifikasi dari Kemenparekraf RI. Sertifikasi ini penting untuk memastikan penyelenggara event di Bali memiliki kualifikasi kompetensi yang memenuhi standar,” imbuh Grace.

Dukungan Pemerintah dan Harapan ke Depan

DPD IVENDO Bali berharap ke depannya pemerintah bisa mengalokasikan anggaran secara berkala untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi MICE di Bali.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum IVENDO, yang hadir dalam kegiatan ini, berharap sertifikasi ini dapat terus berlanjut di seluruh DPD IVENDO di Indonesia.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan solusi dan angin segar bagi EO, PCO, dosen, mahasiswa, dan prodi yang memiliki bidang MICE serta event,” ujar Mulkan.

Sertifikasi MICE ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas dan daya saing industri event di Bali. Dengan SDM yang kompeten dan tersertifikasi, Bali akan semakin siap menjadi tuan rumah berbagai event berskala internasional.

Tercatat sejak tahun 2019 lalu, DPD IVENDO Bali telah tiga kali menyelenggarakan sertifikasi MICE. Bahkan di tahun 2021 lalu sempat mengadakan sertifikasi secara gratis bagi anggota IVENDO.

Komentar