nusabali

Pramuka Mesti Sesuai Revolusi Industri 4.0

  • www.nusabali.com-pramuka-mesti-sesuai-revolusi-industri-40

Apel Peringatan Hari Bapak Pramuka

SEMARAPURA, NusaBali

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung menggelar apel peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia di Depan Pemedal Agung Klungkung, Jumat (12/4) pagi.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung mengatakan, peringatan  Hari Bapak Pramuka digelar di halaman Museum Semarajaya atau dekat Pemedal Agung. "Hal ini untuk memberi vibrasi mengenai betapa pentingnya nilai-nilai sejarah dalam kehidupan kita," ujarnya.

Peringatan Hari Bapak Pramuka untuk mengenang jasa Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dalam gerakan Pramuka di Indonesia. Sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih inovatif dalam pengembangan pendidikan kepramukaan sesuai konteks zaman dewasa ini yang lebih dikenal dengan masa revolusi industry 4.0. "Pramuka harus dididik bukan hanya bahasa morse, semaphore, atau tali-temali, tetapi juga bahasa dan pengetahuan dibidang digital, coding, artificial intelligence, Pengetahuan mengenai Advance robotic, internet of things juga harus diketahui," tegasnya.

Bagi anggota gerakan Pramuka, jelas Wabup Kasta,  di balik latihan baris berbaris, latihan mendirikan tenda, latihan membuat simpul tali, harus lebih mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai unggul karakter yang mendasarinya yakni nilai religiusitas, nasionalis, integritas, kemandirian, dan gotong-royong. "Nilai-nilai unggul ini lah yang harus ditanamkan oleh gerakan pramuka denagn cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang disenangi dan memikat perhatian generasi muda yaitu generasi yang kritis, yang mau bekerja keras, yang memiliki perilaku hidupnya yang sudah mengikuti perkembangan jaman," ujarnya.

Wabup Kasta mengimbau agar Gerakan Pramuka di Kabupaten Klungkung bisa aktif dan berinovasi dan kepada pengurus saka-saka, agar tetap supaya Saka-saka yang berada di Kabupaten Klungkung diaktifkan kembali.

Gerakan Pramuka pun memiliki tujuan yang mulia yakni membentuk setiap anggota pramuka yang memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotic, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan  Republik Indonesi, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Apel tersebut juga diisi dengan menyanyikan Himne Satya Dharma Pramuka dan pembacaan riwayat kepramukaan Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono ke-IX. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung Ketut Suadnyana dan undangan terkait lainnya. *wan

Komentar