nusabali

Danrem 163/WSA Pimpin Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

  • www.nusabali.com-danrem-163wsa-pimpin-pembukaan-perkemahan-pramuka-saka-wira-kartika

DENPASAR, Nusa Bali - Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M Latif memimpin pembukaan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Serentak 2024 yang digelar di Bumi Perkemahan Margarana, Tabanan, Sabtu (3/2).

Perkemahan yang digelar pada 3–4 Febuari itu diikuti oleh 120 siswa perwakilan dari delapan Kodim yang berada di bawah Korem 163/WSA.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Pramuka Saka Wira Kartika yang bertujuan untuk membentuk karakter, mental, dan fisik para anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang tangguh, berani, dan berjiwa ksatria. Kegiatan perkemahan ini digelar secara serentak yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cipayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan penanaman pohon bersama tamu undangan, dialog virtual antara Kasad dengan para Pangdam, dan pengobatan massal bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan jiwa patriotisme para anggota Pramuka Saka Wira Kartika,” kata Brigjen Agus.

Kepala Staf Angkatan Darat selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam sambutannya yang dibacakan Danrem mengatakan kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota pramuka.

Kasad mengatakan TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa, untuk membina serta memberikan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

“Melalui kegiatan perkemahan disertai penanaman pohon ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global,” harap Kasad. 7 pol

Komentar