nusabali

Kwarcab Badung Gelar Dianpinru dan Dianpinsat Badung Tahun 2024

  • www.nusabali.com-kwarcab-badung-gelar-dianpinru-dan-dianpinsat-badung-tahun-2024
  • www.nusabali.com-kwarcab-badung-gelar-dianpinru-dan-dianpinsat-badung-tahun-2024

MANGUPURA, NusaBali.com - Pramuka Kwarcab Badung menggelar Gladian Pimpinan Regu Penggalang dan Gladian Pimpinan Satuan Penegak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Dianpinru dan Dianpinsat) Badung Tahun 2024 di Bumi Perkemahan Pondok Jaka Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kamis (28/3).

Kegiatan Dianpinru dan Dianpinsat ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari 50 orang anggota Pramuka Penggalang antara lain 25 orang putra dan 25 orang putri, serta dan 50 orang anggota Pramuka Penegak terdiri dari 24 orang putra dan 26 putri. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung yang di wakili oleh Kabid Kepemudaan dan Olahraga selaku Waka Bidang Orgakum Gerakan Pramuka Cabang Badung , I Gede Suwarjaya SH MSi, Camat Abiansemal selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa SSos, Kapolsek Abiansemal, Danramil Abiansemal.

Hadir pula Kakak Ketua Kwartir Ranting se-Badung, Kakak Ketua Harian Kwartir Ranting se-Badung, Perbekel Desa Sangeh, Bendesa Adat Sangeh, Andala, dan Pelatih Cabang Badung selaku Panitia Penyelenggara dan Tim Penyaji, serta peserta Kegiatan Gladian Pimpinan Regu Penggalang dan Gladian Pimpinan Satuan Penegak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Badung Tahun 2024.


Kegiatan diawali dengan upacara penyematan tanda peserta yang dilakukan oleh pembina upcara. Bertindak sebagai pembina upacara yakni Kabid Kepemudaan dan Olahraga selaku Waka Bidang Orgakum Gerakan Pramuka Cabang Badung, I Gede Suwarjaya SH MSi. Kegiatan ini berlangsung selama 28- 30 Maret 2024.

Dalam sambutan Kepala Disdikpora Badung yang dibacakan I Gede Suwarjaya menyampaikan bahwa gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. 

“Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok bagi kaum muda dengan bimbingan anggota dewasa, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membawa kaum muda menuju masa depan yang lebih baik lagi, cinta terhadap bangsa, lingkungan, dan mampu hidup bermasyarakat yang memiliki adab dan watak yang mulia. 

“Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar lingkungan keluarga, dan di luar lingkungan sekolah yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, teratur dan terarah dengan menetapkan prinsip dasar kepramukaan yang sasaran terakhirnya adalah terbentuknya watak kepribadian dan akhlak yang mulia,” ucapnya. @ind

Komentar