nusabali

Ekstrakurikuler Pilihan, Seragam Pramuka Tetap Wajib di Sekolah

  • www.nusabali.com-ekstrakurikuler-pilihan-seragam-pramuka-tetap-wajib-di-sekolah

DENPASAR, NusaBali - Meski Pramuka tidak lagi menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah, penggunaan pakaian seragam Pramuka tetap diwajibkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Muncul kabar terkait penerapan pakaian seragam sekolah baru setelah siswa kembali ke sekolah pasca libur Lebaran ini. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, menyebut belum ada regulasi baru terkait pakaian seragam sekolah. 

“Kami belum terima surat edaran dari Kemendikbud terkait hal ini (seragam sekolah baru),” ujar Boy Jayawibawa dikonfirmasi, Jumat (12/4). 

Mengenai pakaian seragam sekolah sejatinya telah lama diatur dalam Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Regulasi tersebut mewajibkan dua jenis pakaian untuk peserta didik, yakni pakaian seragam nasional dan pakaian seragam Pramuka. 

Penggunaan pakaian seragam nasional dan Pramuka ini pun sudah diterapkan di sekolah-sekolah di Bali selama ini. 

Sementara pakaian seragam khas sekolah yang bersifat opsional pada Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022, banyak digunakan pada sekolah kejuruan. Selain itu, pakaian adat yang juga bersifat opsional pada Permendikbud, sudah diterapkan di hampir setiap satuan pendidikan di Bali. Hal itu mengacu Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali. 

Khusus penggunaan pakaian seragam Pramuka umumnya belum banyak dilakukan di sekolah menengah. Di SMA Negeri 1 Denpasar, misalnya, belum mengatur penggunaan pakaian seragam Pramuka sebagai seragam wajib. 

Selama ini, selain pakaian nasional putih abu-abu, sekolah beralamat di Jalan Kamboja, Denpasar, telah menggunakan pakaian adat Bali dan kemeja endek, sebagai seragam sekolah. 

Seturut Pergub Bali soal penggunaan pakaian adat Bali, siswa, guru, dan tenaga kependidikan menggunakan pakaian adat Bali setiap hari Kamis dan Hari Purnama dan Tilem. Sementara itu pakaian endek digunakan setiap hari Jumat. 

“Kita belum mewajibkan seragam Pramuka seperti di Kurikulum Merdeka. Kita akan atur nanti di tahun ajaran baru,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Denpasar Made Rida SPd, MPd. 7 a

Komentar