nusabali

UPT KKP Rangkul Pelajar

  • www.nusabali.com-upt-kkp-rangkul-pelajar

Lestarikan Biota Laut Nusa Penida

SEMARAPURA, NusaBali

Pesatnya perkembangan pariwisata di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, masih diiringi sejumlah persoalan. Di antaranya, masalah sampah yang berpotensi merusak biota laut. Oleh karena itu, Unit Pelaksana Teknis

Kawasan Konservasi Perairan (UPT KKP) bersama Coral Triangle Center (CTC) merangkul generasi muda khususnya pelajar untuk melestarikan biota laut.

Caranya, lembaga ini menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah di Kecamatan Nusa Penida, terkait konservasi laut dan sampah plastik. Sosialisasi antara lain dilaksanakan di SMKN 1 Nusa Penida, Selasa (19/3). Siswa tampak antusias mengikuti materi yang diberikan. Kepala UPT KKP Nusa Penida Nyoman Karyawan mengatakan, sosialisasi tersebut untuk menyiapkan generasi penerus bangsa agar cinta terhadap lingkungan. Mereka juga agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah itu bisa merusak lingkungan terlebih jatuh ke tengah laut, akan bisa merusak biota laut. “Tahun ini sosialisasi kami laksanakan bergilir di sekolah SMP-SMA/SMK di Nusa Penida,” ujarnya, kepada NusaBali, Rabu (20/3).

Adapun materi yang diberikan yakni tentang konservasi laut dan sampah plastik. Sehingga kelestarian biota laut dan lingkungan sekitarnya harus dijaga, dilindungi salah satunya dengan tidak membuang sampah plastik. “Kalau sampah plastik itu dibuang sembarangan kemudin hujan akan hanyut terbawa aliran air hingga ke laut,” ujarnya.

Disebutkan, dari pengalaman sampah Nusa Penida juga kerap menerima sampah kiriman ketika musim hujan. Sehingga memberikan kesan kumuh, bahkan ketika itu wisatawan juga sempat memviralkan sampah di tengah laut. Tak hanya itu beberapa ikan jenis tongkol ketika dijual di pasar kemudian setelah dipotong ternyata dalam perut ikan terdapat sampah plastik. “Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan,” ujar Karyawan.*wan

loading...

Komentar