nusabali

Komunitas Pemancing 'Amankan' Telur Penyu

  • www.nusabali.com-komunitas-pemancing-amankan-telur-penyu

GIANYAR, NusaBali - Komunitas Pemancing Keweh Ngalih Demen (KND) turut serta dalam pelestarian lingkungan. Komunitas ini terlibat aktif mengamankan telur penyu, memindahkan ke tempat penangkaran, dan melepas tukik.

Lokasi yang paling sering disinggahi penyu untuk bertelur yakni Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar.

Gusti Ngurah Gede Putra, 52, inisiator konservasi di Pantai Siyut mengatakan, pada tahun 2023 ini tukik yang berhasil dilepas sekitar 200 lebih. Jumlah ini relatif kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Saat itu KND telah melepaskan lebih dari 600 tukik. Tahun ini KND menyelamatkan sekitar 240 telur penyu yang didapatkan di sekitar Pantai Siyut.

Tahun 2022, KND mendapatkan 900 lebih telur penyu. “Namun kesuksesan penetasan tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya,” ujar Gusti Putra, Minggu (30/7). Tahun sebelumnya, KND bersama Sat Polairud Polres Gianyar dan warga sekitar melakukan 6 kali pelepasan sepanjang musim penyu bertelur. 

Tahun ini hanya 3 sampai 4 kali. Gusti Putra yang akrab dipanggil Jik De berharap, tahun depan lebih banyak penyu yang bertelur di Pantai Siyut agar lebih banyak lagi tukik yang bisa dilepasliarkan. 7 nvi

Komentar