nusabali

Damkar Badung Raih Peringkat 3 Nasional

  • www.nusabali.com-damkar-badung-raih-peringkat-3-nasional

Perayaan HUT Ke–100 Pemadam Kebakaran

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Badung berhasil meraih peringkat tiga nasional dalam kegiatan skill competition yang diselenggarakan saat perayaan HUT ke–100 Damkar secara nasional di Pekanbaru, Riau pada 6 Maret 2019.

“Kami meraih peringkat tiga pada lomba skill competition yang membutuhkan kekuatan fisik yang prima, kecepatan, ketangkasan, dan keberanian,” ujar Kapada Dinas Damkar dan Penyelamatan Badung I Wayan Wirya, saat perayaan HUT ke–100 Damkar di Puspem Badung, Senin (18/3).

Menurut Wirya, HUT ke–100 Damkar jatuh pada 1 Maret 2019, pemerintah pusat merayakan HUT Damkar secara nasional dipusatkan di Pekanbaru, Riau pada 6 Maret 2019 lalu. Sedangkan di Badung dirayakan pada Senin kemarin.

Wirya menambahkan, dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan program serta kebijakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Damkar Badung telah melakukan berbagai upaya di antaranya meningkatkan jumlah pos damkar, dari delapan pos menjadi 11 pos untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami juga lakukan penambahan personel untuk mendukung peningkatan pelayanan. Saat ini, jumlah personel untuk staf operasional sebanyak 338 orang,” ujarnya.

Selain itu, Damkar Badung juga melakukan penambahan sarana-prasarana untuk operasional maupun sarana prasarana kerumahtanggaan secara signifikan.

“Kami juga terus meningkatan kualitas sumber daya aparatur damkar melalui berbagai latihan dan pendidikan untuk menyiapkan kesiapsiagaan tugas selama 24 jam,” tambah Wirya.

Guna meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, Damkar Badung membentuk Damkar Terpadu yang melibatkan 14 instansi terkait, untuk mempercepat respons time dan evakuasi korban.

“Kami juga meningkatkan upaya pencegahan dan partisipasi masyarakat melalui berbagai kegiatan di antaranya, inspeksi, penyuluhan, latihan, dan lomba antar-fire brigade yang dimiliki masing-masing perusahaan hotel,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Badung Adi Arnawa, selaku inspektur upacara mengatakan, peringatan HUT Damkar tersebut dapat dijadikan momentum evaluasi bagi personel.

“Badung merupakan barometer pariwisata Bali dan Indonesia, tentu penting akan kesiapsiagaan dalam rangka memastikan bahwa kami khususnya Damkar Badung siap melaksanakan tugas-tugas penanganan kebakaran secara optimal,” ujarnya. *ant

loading...

Komentar