nusabali

Pemkab Badung Melaksanakan Bakti Penganyaran di Pura Agung Besakih

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-melaksanakan-bakti-penganyaran-di-pura-agung-besakih

Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan Bakti Penganyaran serangkaian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama di Pura Agung Besakih, Jumat (15/3) kemarin.

MANGUPURA, NusaBali

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Kristiani Suiasa, Ketua WHDI Ny. Isyudayani Astika, OPD Badung, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Badung AA Manguningrat.

Bakti Penganyaran ini terlaksana dengan khidmat diiringi tetabuhan, sesolahan Topeng Wali yang diakhiri dengan Topeng Sidakarya. Dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Anom Taman Gunung Griya Anom Taman Sari Banjar Gunung Pande Desa Adat Tumbak Bayuh.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Badung menyerahan Sangku dan Cangkir yang diserahkan oleh Wakil Ketua TP PKK Badung Ny. Kristiani Suiasa bersama Ketua WHDI Badung Ny. Isyudayani Astika Kepada WHDI Kabupaten Karangasem dan Bendesa Adat Besakih.

Pihak panitia setempat mengucapkan terima kasih kepada Wabup Suiasa bersama seluruh jajaran OPD Badung sudah melaksanakan Bakti Penganyaran di Pura Penataran Agung Besakih dimana penganyaran ini sudah berjalan dengan baik dan khidmat serangkaian penganyaran Karya Tawur Agung Panca Wali Krama dan persiapan Nyanggra / Puncak Piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh dimana pelaksanaan karya ini dimulai pada tanggal 22 Januari 2019. Terkait rangkaian karya, Puncak Karya Agung Panca Wali Krama dilaksanakan 6 Maret 2019 yang lalu dan dilanjutkan Upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019 mendatang.

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut mengatakan penganyaran ini merupakan wujud Bakti Kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan Srada dan Bakti Umat untuk menjalankan swadarma terhadap Ida Bhatara. “Mari kita tingkatkan rasa menyama braya terhadap antar sesama umat, sehingga yadnya sebagai wujud syukur kita terhadap Ida Bhatara guna meningkatkan srada dan bakti umat menuju swadarma untuk keseimbangan alam semesta,” ajak Wabup Suiasa. *

Komentar