nusabali

Momentum ke Jalur Kemenangan

  • www.nusabali.com-momentum-ke-jalur-kemenangan

Barcelona vs Valladolid, Minggu Dinihari

BARCELONA, NusaBali
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde baru memperpanjang masa kerjanya sebagai pelatih Barcelona hingga akhir musim 2019/2020.  Sejak jadi pelatih Barca pada musim panas 2017, Valverde awalnya mendapat kontrak dua tahun. Nah, seiring kinerja bagus selama dua musim ini, Valverde pun diperpanjang setahun, dan ada opsi hingga 2020/2021.

Selama menangani Barca, Valverde memberikan masing-masing dua gelar La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol. Dari 96 laga, Valverde membawa Barca menang 65 kali, 22 imbang, dan 9 kali kalah. Persentase kemenangan mencapai 67,71 persen dan mencetak 233 gol serta kebobolan 78 gol.

Musim ini Valverde membawa Barca memuncaki klasemen dengan keunggulan enam poin atas Real Madrid di posisi kedua. Juga melaju ke semifinal Copa del Rey, dan babak 16 besar Liga Champions. Namun

Barca tanpa kemenangan dalam dua laga terakhirnya di Liga Spanyol. Yakni, hasil imbang melawan Valencia dan Athletic Bilbao.

Jika menghitung semua kompetisi, Barcelona sudah tidak menang dalam tiga laga terakhir secara beruntun. Mereka juga imbang melawan Real Madrid di Copa del Rey. Namun Barca akan menjamu Real Valladolid di jornada ke-24 Liga Spanyol, Minggu (17/2), pukul 03.45 dinihari WITA. Di atas kertas, Barca lebih unggul daripada Valladolid yang di peringkat ke-15.

Secara head-to-head, Barca juga unggul telak. Dari 10 duel terakhir melawan Valladolid di Liga Spanyol, Barca menang sembilan kali dan hanya kalah satu kali.

Namun Barca harus membagi fokus. Usai lawan Valladolid, yang harus jadi momentum meraih kemenangan, Lionel Messi dkk tandang ke markas Lyon untuk laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) dinihari WITA.

Lawan Valladolid, Barca tetap harus berlari lagi. Pasalnya, Madrid sudah enam poin di belakang mereka usai mengalahkan Atletico Madrid 3-1 dalam partai derby. Barca juga harus memulihkan ketajamannya. Tiga poin target mutlak. Mereka butuh perbaikan form, terutama sebelum main tandang melawan Lyon di babak 16 besar Liga Champions leg pertama.

Pada pertemuan pertama, Barca menang 1-0 di kandang Valladolid. Gol tunggal Ousmane Dembele memberi Barca tiga poin. Di Camp Nou kali ini, Dembele akan kembali dipercaya Valverde. Dia bakal di lini serang bersama Luis Suarez dan Lionel Messi. *

Komentar