nusabali

Pohon Bertumbangan di Badung

  • www.nusabali.com-pohon-bertumbangan-di-badung

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Badung pada Senin (21/1) pagi hingga malam hari menimbulkan berbagai dampak.

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah ruas jalan mengalami genangan air. Selain itu, sejumlah pohon dan tiang listrik juga bertumbangan. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

Pantauan di lapangan, wilayah yang terkena dampak dari hujan deras disertai angin kencang pada Senin pagi hingga malam itu diantaranya air menggenang di Jalan Bypass Mumbul, Jalan Uluwatu Ungasan (dekat Simpang Nirmala), dan Jalan Kartika Plaza. Sementara, untuk tiang listrik milik PLN diketahui roboh di Jalan Pantai Selatan Ungasan. Selain itu, sebuah pohon besar juga menimpa warung di Kuta. Untuk lokasi yang terkena genangan air sifatnya sementara dan surut saat hujan mereda. Sebaliknya, pohon dan tiang listrik yang tumbang langsung dievakuasi oleh petugas.

Lurah Kuta, I Wayan Daryana saat dikonfirmasi, kemarin, mengatakan, kejadian pohon tumbang yang ada di wilayah Kuta terjadi pada Senin (21/1) sekitar pukul 19.30 Wita. Lokasinya berada di Jalan Nyanyang Sari No 1, Lingkungan Anyar. Pohon tersebut merupakan pohon kayu santen berdiameter 1 meter dengan panjang 20 meter tersebut roboh dan menimpa sebuah bangunan warung bakso dan warung nasi goreng, milik salah seorang warga Kuta bernama Wirkajaya. Beruntung kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa maupun luka, sementara kerugian atas kejadian itu belum diketahui secara pasti. "Bangunan warung itu semi permanen, atapnya itu seng. Sementara umur pohon itu sudah puluhan tahun, diduga karena kondisi akar pohon yang lemah dan faktor hujan disertai angin kencang itu membuat pohon roboh," ujar Daryana yang dikonfirmasi, Selasa (22/1).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Ni Nyoman Ermy Setiari, mengatakan, dalam dua hari terakhir tercatat bencana terjadi di beberapa daerah. Di Kecamatan Kuta, misalnya, cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang menimpa warung bakso dan nasi goreng di Jalan Nyanyang Sari No. 1, Lingkungan Anyar Kuta, Kelurahan Kuta, pada Senin (21/1) pukul 19.30 Wita.

Kemudian di Kecamatan Mengwi, pohon tumbang menimpa atap kanopi bengkel las milik Wayan Suwirka di Banjar Taman Sari, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Senin (21/1). Sementara pada Selasa (22/1) kemarin pohon tumbang menutupi badan jalan di Banjar Badung, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, pukul 05.00 Wita. Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Blumbungan, Mengwi, pukul 11.05 Wita. 

Di Kecamatan Abiansemal, bencana yang terjadi terpantau di bebarapa titik pada Senin (21/1). Diantaranya pohon kepala tumbang menimpa gudang milik I Nyoman Sukadana di Banjar Badung Tengah, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal. Bencana ini terjadi pada pukul 21.05 Wita. Pohon tumbang juga terjadi di Banjar Delod Pasar, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal. Pohon jenis bayur tumbang menutupi badan jalan. Kejadiannya terjadi pada pukul 22.00 Wita. Pohon tumbang juga terjadi di Banjar Agung, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, pohon jenis meninjo dengan diameter 35 cm dan panjang 5 meter menutupi badan jelan di wilayah setempat. Selain itu, masih akibat cuaca ekstrem menyebabkan tembok penyengker rumah roboh milik Made Darmawan di Banjar Keraman, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal.

Untuk di Kecamatan Kuta Utara, cuaca ekstrem yang terjadi Senin (21/1) menyebabkan Bale Piasan di Pura Puseh, Banjar Adat Padang Linjong, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, roboh. Masih akibat cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang di Banjar Gede, Kelurahan Kerbokan, Kecamatan Kuta Utara. Akibatnya, pohon jenis lamtoro dengan diameter 40 cm dan panjang 10 meter menimpa sejumlah kabel di lokasi. Beruntung semua bencana yang terjadi tidak menimbulkan jatuhnya korban jiwa. *dar, asa 

Komentar