nusabali

Pengacara Klaim Ipul Bebas 2 Bulan Lagi

  • www.nusabali.com-pengacara-klaim-ipul-bebas-2-bulan-lagi

MA bantah adanya pengalihan vonis dari PT ke PN

JAKARTA, NusaBali
Upaya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan pedangdut Saipul Jamil atas kasus pencabulan anak di bawah umur ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Amar putusan PK dibacakan hakim MA pada 11 Desember 2017.

Dedi Junaedi, pengacara Saipul Jamil, tak mempermasalahkan hal itu. Dedi justru mengaku merasa diuntungkan dengan putusan MA, karena menurut dia, hukuman Saipul Jamil bisa lebih ringan. Dedi bahkan yakin kliennya bisa bebas beberapa bulan ke depan.

"Memang Mahkamah Agung menolak kita, tidak ada masalah. Tapi kembali ke pasal 292, berarti kalau kembali ke pasal 292 yang vonisnya 3 tahun. Dikali dua dengan vonis KPK 3 tahun, berarti kan 6 tahun. Kita sudah menjalani 2 per 3, berarti 4 tahun, dikurangi remisi 10 bulan, jadi mungkin 2 bulan ke depan persiapan kita untuk Saipul Jamil bisa bersama kita di luar," papar Dedi, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Senin (21/1) seperti dilansir tabloidbintang.

Benarkah? Karo Humas Mahkamah Agung, Abdullah, membenarkan pihaknya telah menolak PK yang diajukan Saipul Jamil, namun ia membantah adanya pengalihan vonis dari PT ke PN.

"Pada tanggal 15 maret 2017, pemohon PK meminta agar putusan Pengadilan Tinggi Jakarta dapat ditinjau kembali. Jadi yang di-PK itu putusan PT DKI Jakarta. Setelah MA mengadili, amarnya 'menolak PK pemohon terpidana Saipul Jamil. Menetapkan putusan yang dimohonkan tetap berlaku'," jelas Abdullah, saat dijumpai di kantornya, Senin petang.

Dengan demikian, lanjut Abdullah, vonis 5 tahun penjara yang dikeluarkan PT DKI Jakarta tetap berlaku. "Permohonan PK sudah ditolak. Tidak bisa diartikan lain," tegasnya.

Merujuk keterangan Abdullah, total hukuman yang harus dijalani Ipul adalah 8 tahun penjara (5 tahun terkait kasus pencabulan, 3 tahun untuk kasus suap). Bukan 6 tahun seperti yang diungkap pengacara Ipul. Jadi, sangat kecil kemungkinan mantan juri kontes dangdut itu bisa menghirup udara bebas dalam waktu dekat.

Pada kesempatan itu, kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah, mengatakan meski di dalam penjara Ipul –panggilan akrabnya—sudah mendapatkan tawaran pekerjaan ketika sudah keluar nanti. Sementara saat ini, aktivitas Ipul di dalam sel sendiri cukup padat. Dia bahkan mendapat profesi baru. Apa itu? Ia kerap membagikan pengetahuan menyanyinya hingga menggeluti profesi guru tari. "Iya dia jadi guru tari dan guru vokal juga di dalam," kata Samsul.

Samsul juga mengungkapkan niat Ipul untuk menikah selepas dari bui nanti.  Sayangnya, Samsul masih belum dapat angkat bicara mengenai sosok wanita yang bakal dipinang oleh adiknya itu.

“Iya (mau menikah). Ya tungguin saja lah nanti," ungkap Samsul. Meski menolak membongkar identitas kekasih dari Saipul Jamil, namun Samsul menyebut bila perempuan itu selalu mendampingi sang adik. Sehingga hal inilah yang membuat Ipul jatuh hati padanya. *

Komentar