nusabali

Pengunjung Objek Wisata Taman Ayun Naik 10 Persen

  • www.nusabali.com-pengunjung-objek-wisata-taman-ayun-naik-10-persen

Libur Akhir Pekan Bertepatan Umanis Kuningan

MANGUPURA, NusaBali

Libur akhir pekan yang bertepatan dengan Umanis Kuningan atau sehari setelah Hari Raya Kuningan, Minggu (6/1), membuat sejumlah tempat wisata ramai pengunjung. Tak terkecuali di Objek Wisata Taman Ayun yang terletak di Kecamatan Mengwi, Badung. Pada Minggu kemarin, jumlah pengunjung diperkirakan naik sekitar 10 persen dibanding hari biasa atau bukan hari libur.

Objek wisata yang sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO tersebut sudah dipadati pengunjung sejak siang hingga sore kemarin. Dari informasi pihak pengelola Objek Wisata Taman Ayun, pengunjung yang datang tidak saja wisatawan manca negara tapi juga wisatawan domestik, maupun warga Bali sendiri/wisatawan lokal.

“Sekarang kebetulan hari libur dan bertepatan juga dengan Umanis Kuningan, jadi pengunjung lebih ramai. Pada Umanis Galungan kemarin pun ramai,” kata Pengelola Objek Wisata Taman Ayun Made Suandi.

Membeludaknya kunjungan juga diakui imbas dari pasar dadakan di barat Taman Ayun atau tepatnya di depan Museum Yadnya. Segala jenis barang dagangan, mulai dari makanan, pakaian, dan aksesoris lengkap tersedia. Jadi, pengunjung Taman Ayun bisa dengan mudah mencari makanan atau sekadar oleh-oleh di pasar dadakan tersebut. “Tapi para pedagang ini hanya sehari saja berjualan, besok (hari ini) sudah tidak ada,” kata Suandi.

Dikatakan, jika pada hari biasa tingkat kunjungan wisatawan manca negara per hari mencapai 1.000 orang lebih, sedangkan wisatawan lokal/domestik mencapai 250 orang lebih, namun kemarin naik rata-rata 10 persen. “Jika dibandingkan hari biasaya kami lihat ada peningkatan 10 persen,” ungkapnya.

Disinggung kondisi saat musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Suandi menyebut tidak jauh berbeda dengan kondisi yang sekarang. “Rata-rata juga naik 10 persen, ya semoga terus mengalami kenaikan,” harapnya. *asa

Komentar