nusabali

Inagurasi ATAS ke-12 Diikuti Peserta Pramuka se-Indonesia

  • www.nusabali.com-inagurasi-atas-ke-12-diikuti-peserta-pramuka-se-indonesia

Tercatat kurang lebih 101 Pramuka Garuda se-Indonesia diinagurasi menjadi Pramuka ATAS (Association Top Achiever of Scout) pada Selasa (26/06/18) dari pukul 08.00 hingga 21.00 WITA bertempat di Gedung Pramuka Kwartir Daerah Bali.

DENPASAR, NusaBali
Acara tersebut bertajuk TAKSU (Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dan Kreativitas Pramuka) yang menjadi tema dari inagurasi ke-12 ATAS Indonesia ini. Dibuka oleh Drs. Dewa Made Indra, M.Si., selaku Ketua Kwartir Daerah Bali, inagurasi tersebut juga dihadiri oleh Rio Ashadi (Ketua ATAS Indonesia), Bambang Abdul Aziz (Protokol Kwarnas), Yolanda Febiola (Dewan Kerja Nasional), Andi Widjanarko (Sekjend), Ida Pedanda Gede Telabah (Mantan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali ke-2) selaku senior ATAS Bali, panitia, serta seluruh peserta inagurasi.

Diinisiasi oleh ATAS Indonesia, inagurasi TAKSU ini dikemas dengan berbagai acara lain, diantaranya, Workshop, Gathering, Inagurasi, dan Lomba Video Reportase. Workshop sendiri terbagi atas dua zona yaitu zona leadership dan zona skill. Zona leadership dikemas dengan workshop protokoler yang diisi oleh Bambang Abdul Aziz, dan workshop public speaking yang diisi oleh Yolanda Febiola. Sedangkan di zona skill, terbagi atas workshop jurnalistik oleh Rudianto selaku Wartawan Bali Newspaper, fotografi oleh Andi Widjarnoko selaku Fotografer Profesional, dan sinematografi oleh Hariz Nizam selaku Sutradara Film.

Inagurasi sendiri diikuti oleh Pramuka Garuda yang berasal dari Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Solo, dan Bali. Pramuka Garuda merupakan tingkatan pramuka tertinggi setelah pramuka siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Proses menjadi Pramuka Garuda pun cukup panjang dan harus melalui tahap pengukuhan terlebih dahulu. Jika persyaratan tersebut telah terpenuhi, barulah mereka akan diinagurasi menjadi Pramuka ATAS, yang mana ATAS sendiri merupakan persatuan pramuka tingkat Internasional yang memiliki cabang di berbagai belahan dunia.

Menurut I Wayan Sugiharta, selaku ketua panitia acara Inagurasi TAKSU, sebelumnya inagurasi pernah diadakan di beberapa daerah di Indonesia sebelum Bali, dirinya pernah mengikuti di Cibubur, Jakarta dalam inagurasi ke-5, juga di Solo.

“Yang pernah diselenggarakan itu, seingat yang saya ikuti ada di Cibubur, Jakarta,itu inagurasi yang kelima. Kemudian ada di Solo, itu saja yang saya tau.” Jawab Sugiharta. *ph

Komentar