nusabali

Bupati Giri Prasta Terima Perkumpulan Umat Buddha Desa Banjar, Buleleng

Terkait Mohon Dukungan Perbaikan Wihara

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-terima-perkumpulan-umat-buddha-desa-banjar-buleleng
  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-terima-perkumpulan-umat-buddha-desa-banjar-buleleng
  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-terima-perkumpulan-umat-buddha-desa-banjar-buleleng

MANGUPURA, NusaBali.com - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima Perkumpulan Wihara Umat Buddha Banjar Dinas Tegeha, Desa/Banjar, Kabupaten Buleleng di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Rabu (8/5). Kedatangan organisasi keagamaan tersebut bertujuan untuk memohon bantuan dalam hal memperbaiki tempat suci Umat Buddha, yakni pembuatan gapura dan tembok penyengker yang ada di wilayah Desa Banjar, Buleleng.

Dalam menerima Perkumpulan Wihara Umat Buddha Desa Banjar, Buleleng, Bupati Giri Prasta didampingi Kepala BPKAD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Buddha Vihara Ida Bagus Rahula dan perwakilan tokoh masyarakat Buddha Vihara serta didampingi oleh Perbekel Desa Banjar Ida Bagus Sistadi. Adapun perkumpulan Vihara Buddha dari Bali Utara yang juga hadir antara lain perwakilan Vihara Giri Mandala, Wihara Sanghyang Resti, Wihara Sanghyang Darsana.

Bupati Giri Prasta menyatakan akan membantu penuh perbaikan wihara sebagai wujud mengamalkan Pancasila sila ke-5 yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta kembali mengenang pengalaman masa kecilnya bersama mendiang ibunda yang sering mengunjungi wihara di Buleleng. 

Kata Bupati Giri Prasta, dirinya sewaktu masih kecil sering ke Wihara Brahmana ini bersama mendiang ibunya yang asli berasal dari Buleleng.  Bahkan dulu mendiang ibunya pernah berpesan kelak nanti bisa berkunjung ke Thailand dan sudah tercapai. 

“Untuk perbaikan Vihara Brahmana, saya pastikan akan dibantu sepenuhnya karena kami di Badung mempunyai program Badung Angelus Buana, serta kami juga menjalankan Pancasila yakni Sila Kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sama insan sama rasa, yang sudah sama jangan pernah dibeda-bedakan dan sebaliknya yang beda jangan kita paksakan untuk sama. Tujuan dari program ini tidak lain untuk meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta melanjutkan, ketika dilakukan program Badung Angelus Buana, maka akan muncul yang namanya pemerataan ekonomi, juga pemerataan pembanguna. Menurutnya, ketika pemerataan pembangunan dan ekonomi ini muncul, dipastikan di Pulau Dewata ini akan tercipta yang dimaksud dengan kesejahteraan yang berkeadilan. 

“Tujuan program ini juga untuk mempercepat pembangunan yang ada di kabupaten/kota yang ada di Bali dan hubungan sinergitas ini kita lakukan dengan baik. Prinsip saya semakin banyak yang kita ajak bekerja semakin ringan beban masyarakat, yang penting program ini tidak melanggar regulasi yang kita jalankan,” jelas Giri Prasta seraya mengajak seluruh Umat Buddha untuk bersatu.

Sementara itu Ketua Vihara Buddha Ida Bagus Rahula, mengucapkan banyak terima kasih atas waktu untuk menerima perwakilan Wihara Budha yang ada di Kabupaten Buleleng. “Tujuan kehadiran kami perkumpulan Vihara Buddha dari Bali Utara Kabupaten Buleleng bertemu Bapak Bupati Badung untuk memohon bantuan dalam hal memperbaiki tempat suci Umat Buddha, pembuatan gapura dan tembok penyengker yang ada di wilayah Banjar di Kabupaten Buleleng," ucapnya singkat. @ind

Komentar