nusabali

Kiper Mesir Pemain Tertua, Winger Australia Termuda

  • www.nusabali.com-kiper-mesir-pemain-tertua-winger-australia-termuda

Dari 736 pemain yang dibawa ke-32 tim nasional, kiper Mesir Essam El Hadary tercatat sebagai pemain paling tua dalam Piala Dunia 2018 di Rusia.

MOSKOW, NusaBali
Sedangkan winger Australia Daniel Arzani, resmi jadi pemain termuda, dengan usia 19 tahun, 5 bulan. Dilansir Mirror, Hadary yang juga kapten tim ini berusia 45 tahun. Tak hanya rekor di Piala Dunia 2018, Hadary juga tercatat sebagai pemain paling tua yang pernah berlaga di Piala Dunia.

El Hadary mulai bermain sepakbola presional pada 1993 saat berusia 20 tahun, di salah satu klub lokal, Damietta. Setelah itu, dia bergabung klub besar di Mesir Al Ahly dan merasakan dominasi Al Ahly dengan memenangi 8 gelar Liga Mesir dan empat trofi Liga Champions Afrika.

Debut El Hadary di Timnas Mesir dimulai pada 1996, dan hingga kini memiliki caps 157. Ini berarti, ia memulai debut 10 bulan sebelum rekan termudanya di Timnas Mesir, Ramadan Sobhi lahir.

Hingga 2018, El Hadary masih kiper yang aktif dan kini bergabung klub Al Taawoun dan tampil 27 kali. El Hadary juga pernah mencicipi atmosfer Premier League saat trial di Hull City. Namun dia gagal mendapatkan kontrak sana.

Jika tampil di laga perdana Mesir, El Hadary bakal mengalahkan rekor kiper timnas Kolombia, Faryd Mondragon. Hingga kini, Mondragon jadi kiper paling tua yang pernah tampil di Piala Dunia, yakni berusia 43 tahun pada Piala Dunia 2014.

Sedangkan winger Australia Daniel Arzani (19 tahun) menjadi pemain termuda, karena tercatat sebagai satu-satunya pemain kelahiran 1999 yang diboyong ke Rusia. Namanya masuk daftar, satu dari 23 skuat final pilihan pelatih Timnas Australia, Bert van Marwijk.

Keberadaan Arzani di Socceroos dianggap spektakuler dan tak terduga mengingat ia baru tampil bersama Melbourne City pada Agustus 2017 di ajang FFA Cup. Bahkan pemain kelahiran Iran ini baru tampil 16 laga sepanjang karier profesionalnya dan menjalani debut di Timnas Australia saat menang 4-0 atas Republik Ceska (1/6).

Catatan The World Game, Arzani masuk grup pemain "remaja" bersama Kylian Mbappe (striker Prancis) dan bek Inggris, Trent Alexander-Arnold. Tercatat, ada tujuh pemain berusia belasan atau kelahiran 1998-1999  yang ikut di Rusia. *

Komentar