nusabali

Mesir dan Kamerun Tersingkir

  • www.nusabali.com-mesir-dan-kamerun-tersingkir

Tuan rumah Mesir dan juara bertahan Kamerun tersingkir dari Piala Afrika 2019.

KAIRO, Nusa Bali

Mesir kandas setelah kalah 0-1 dari Afrika Selatan, akibat gol menit-menit akhir yang dicetak Thembinkosi Lorch, pada laga 16 besar, di Stadion Internasional Kairo, Minggu (7/7) dinihari WITA.

Sedangkan dalam waktu bersamaan Kamerun kalah 2-3, di Stadion Alexandria, Mesir. Selanjutnya tim Bafana-bafana dan Nigeria akan saling berjibaku pada laga perempatfinal, di Stadion Internasional Kairo Kamis (11/7) dinihari WITA.

Pada laga Mesir vs Afsel, Lorch mencetak gol pada menit ke-85 saat dirinya berhasil mengejar umpan terobosan Lebo Mothiba sebelum menghadapi kiper Mohamed El Shenawy. Dan, Loch menaklukkannya dengan sepakan kaki kanan.

Kendati menelan dua kekalahan dari tiga laga di fase grup, tim Afsel  memperlihatkan kemajuan pesat, dan tampil sebagai tim yang lebih disiplin. Bahkan sejak awal mereka mengancam gawang tuan rumah melalui peluang Lorch dan Percy Tau.

Mesir yang tidak mau kehilangan muka balas menebar teror melalui tembakan kaki kiri Mohamed Salah dan Trezeguet. Namun kedua peluang itu tidak menemui hasil yang diharapkan.

Pada babak kedua, Mesir yang didukung 70.000 suporter terus menyerang dan berusaha keras memecahkan kebuntuan. Banyak peluang Mesir dapat dipatahkan barisan pertahanan atau kiper Ronwen Williams.

Keasyikan menyerang, Mesir justru lengah menjelang laga usai. Dari skema serangan balik, Afsel justru mampu membobol gawang tuan rumah. Bola sodoran Lebo Mithiba sukses dikonversi dengan tembakan kaki kanan Lorch untuk menjadi gol.

Sementara itu, Nigeria yang diperkuat banyak pemain menyingkirkan juara bertahan Kamerun dan menang 3-2.  Penyerang Odion Ighalo mencetak dua gol, dan satu gol penentu kemenangan lewat pemain Arsenal Alex Iwobi. Sebelumnya Kamerun juga sempat membalikkan keadaan 2-1 lewat Stephane Bahoken dan Clinton N'Jie.

Pada laga tu, Kamerun mengendalikan 61 persen penguasaan bola sepanjang laga. Namun tim asuhan Clarence Seedorf itu kesulitan mengonversi dominasi tersebut jadi peluang berarti.

Nigeria tampil agresif dan unggul lewat Ighalo pada menit ke-19. Kamerun perlahan mengambil alih kendali permainan dan balik unggul 2-1 lewat Bahoken (41) dan N'Jie (44). Namun pendulum momentum kembali berayun ke Nigeria ketika Ighalo menyamakan 2-2 pada menit ke-63 dan Iwobi membalikkan 3-2 hingga laga berakhir. *ant

Komentar