nusabali

Taklukkan Nigeria, Pantai Gading Juara Piala Afrika

  • www.nusabali.com-taklukkan-nigeria-pantai-gading-juara-piala-afrika

ABIDJAN, NusaBali - Tuan rumah Pantai Gading sukses meraih gelar juara Piala Afrika 2023, usai mengalahkan Nigeria 2-1, dalam laga final di Stadion Olympique Alassane Quattara, Abidjan, Senin (12/2) dinihari Wita. Kemenangan itu sekaligus pembalasan kekalahan dari Nigeria 0-1 di babak penyisihan grup. Sukses itu membawa Pantai Gading meraih gelar juara Piala Afrika yang ketiga kalinya, setelah 1992 dan 2015.

Dalam laga final kali, kedua tim mengawali laga dengan saling mengadu strategi menembus pertahanan lawan serta menciptakan peluang mencetak gol. Nigeria unggul lebih dulu pada menit ke-38 lewat bek tengah William Troost-Ekong.

Namun di babak kedua, Pantai Gading meningkatkan daya tekan dan berjuang menciptakan peluang. Laga pun sempat diwarnai aksi protes pemain Pantai Gading saat Gradel dijatuhkan Sanusi di kotak penalti namun wasit tidak menunjuk titik putih.

Pantai Gading memecahkan kebuntuan lewat gol Franck Kessie pada menit ke-62. Bahkan mereka berbalik unggul 2-1 melalui Sebastien Haller (81).  Nigeria yang ketinggalan terus membangun serangan bertubi-tubi untuk menyamakan kedudukan. Namun, tuan rumah mampu menjaga keunggulan 2-1 saat wasit menutup laga dengan tambahan waktu sekitar 7 menit.

Laga final itu menjadi momen istimewa bagi Sebastian Haller, karena  jadi penentu kemenangan Pantai Gading. Padahal, striker Borussia Dortmund itu pada 2022 didiagnosis mengidap kanker.  Haller pun mengungkapkan rasa bahagianya ikut membawa negaranya juara Piala Afrika pada tahun ini.

"Pemandangan menggembirakan yang kita lihat sekarang, apa yang terjadi di negara ini, mereka pantas mendapatkannya. Saya sangat berharap ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang," kata Haller. 

Gol penentu kemenangan yang dicetak Haller dalam laga final benar-benar luar biasa. Haller tak ragu melakukan penyelesaian akhir dengan flick usai menerima umpan silang Simon Adringra.

Ini bukan satu-satunya gol penentu kemenangan bagi Pantai Gading yang dicetak Haller. Sebelumnya, Haller juga mampu menjadi penentu kemenangan Pantai Gading atas Kongo di semifinal.

Kontribusi besar pemain yang bangkit dari keterpurukan karena kanker itu pun mendapatkan pujian dari legenda sepak bola Pantai Gading dan eks bek Arsenal, Kolo Toure.  "Saya sangat gembira untuk Haller. Ia melalui masa-masa yang sulit dan ia tampil luar biasa untuk tim," ujar Kolo Toure. *

Komentar