nusabali

Pantai Gading Tantang Nigeria di Final Piala Afrika

  • www.nusabali.com-pantai-gading-tantang-nigeria-di-final-piala-afrika

JAKARTA, NusaBali - Gol tunggal Sebastian Haller mengantarkan tim tuan rumah, Pantai Gading menghadapi Nigeria di final Piala Afrika 2023. Ya, Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik (RD) Kongo di Olympic Stadium of Ebimpe, Kamis (8/2) dinihari WITA.

Laga final antara Nigeria dan Pantai Gading akan digelar di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan pada Senin (12/2) dini hari WITA. Kedua tim pernah bertemu pada penyisihan grup dan Nigeria menang 1-0 lewat gol penalti Troos-Ekong. Di hari yang sama, Republik Kongo menjamu Afrika Selatan di Stadion Felix Houphouet-Boigny, Abidjan, untuk perebutan tempat ketiga.

Keberhasilan melaju final, membuat Pantai Gading berpeluang meraih gelar Piala Afrika untuk ketiga kalinya, setelah tahun 1992 dan 2015. Pantai Gading punya modal tambahan sebagai tuan rumah Piala Afrika 2023.

Pelatih Pantai Gading Emerse Fae mendeskripsikan keberhasilan timnya melenggang ke ke final Piala Afrika "seperti mimpi". Fae pun merasa terharu atas keberhasilan timnya mencapai final. Sebelumnya, Pantai Gading tampil terseok-seok di fase penyisihan grup dan hanya lolos ke babak 16 besar dengan status posisi tiga terbaik.

Pada fase grup, The Elephants itu kalah 0-4 dari Ekuatorial Guinea dan 0-1 dari Nigeria. Pantai Gading hanya mampu mengamankan satu kemenangan 2-0 atas Guinea Bissou.

Hasil minor itu membuat pelatih Pantai Gading sebelumnya Jean-Louis Gasset dipecat. Emerse Fae yang berstatus sebagai asisten kemudian ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Fae mengubah permainan Pantai Gading menjadi lebih efektif. Mereka menag adu penalti atas Senegal di 16 besar, menang 2-1 atas Mali di perempatfinal meski hanya bermain dengan 10 orang.

Sedangkan Nigeria lebih dulu lolos ke final Piala Afrika setelah menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti. Adu penalti terjadi setelah skor imbang 1-1. Nigeria memimpin lewat gol penalti William Troost Ekong pada menit ke-67, tetapi Afrika Selatan menyamakan 1-1 lewat penalti Teboho Mokoena saat injury time.

Dalam adu penalti, Mokoena jadi salah satu algojo yang gagal, begitu juga dengan Evidence Makgopa. Sedangkan tim Nigeria, hanya Ola Aina gagal mencetak bola. Penalti Kelechi Iheanacho memastikan Nigeria ke final dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.

Dengan keberhasilan lolos ke final, Nigeria mengincar trofi Piala Afrika keempat. Mereka sebelumnya telah menjuarai Piala Afrika pada 1980, 1994, dan 2013. ant

Komentar