nusabali

Nigeria dan RD Kongo ke Semifinal Piala Afrika

  • www.nusabali.com-nigeria-dan-rd-kongo-ke-semifinal-piala-afrika

ABIDJAN, NusaBali - Nigeria lolos ke semifinal Piala Afrika 2023 setelah mengalahkan Angola 1-0, dalam laga perempatfinal di Felix Houphouet Boigny Stadium, Abidjan, Sabtu (3/2) dinihari WITA. Di laga perempatfinal lainnya, Republik Demokratik Kongo juga melaju ke semifinal usai menekuk Guinea 3-1, di Olympic Stadium of Ebimpe.

Gol tunggal kemenangan Nigeria atas Angola tercipta di menit ke-41 lewat aksi Ademola Lookman. Pemain Atalanta itu sukses mencocor bola umpan Moses Simon menjadi gol.

Di babak kedua, Nigeria sempat mencetak gol lewat sundulan Victor Osimhen. Namun, VAR menganulirnya karena penyerang Napoli itu lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Tak ada gol tambahan yang tercipta. Nigeria berhak melaju ke babak semifinal untuk menghadapi pemenang laga Cape Verde kontra Afrika Selatan.

Sedangkan RD Kongo meraih kemenangan meyakinkan untuk lolos dari perempatfinal berkat kemenangan 3-1 atas Guinea di Stadion Olimpiade Alassane Ouattara. Dalam itu RD Kongo sempat tertinggal terlebih dulu dari Guinea.

Guinea mendapat kesempatan emas lewat tendangan penalti pada menit ke-20. Mohamed Bayo yang bertindak sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, RD Kongo segera membalas lewat gol Chancel Mbemba pada menit ke-27. 

Kemudian Yoane Wissa membuat RD Kongo berbalik unggul 2-1 lewat tendangan penalti pada menit ke-65.  RD Kongo menambah keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit ke-82. Arthur Masuaku menciptakan gol tendangan bebas yang membawa timnya semakin sulit dikejar Guinea. 

RD Kongo berhasil mempertahankan skor hingga pertandingan berakhir. RD Kongo akan menghadapi pemenang dari laga antara Mali versus Pantai Gading di babak semifinal. ant

Komentar