nusabali

Salah Menangkan Mesir, Nigeria Tembus 16 Besar

  • www.nusabali.com-salah-menangkan-mesir-nigeria-tembus-16-besar

GAROUA, NusaBali
Bintang Liverpool Mohamed Salah mencetak satu gol yang memenangkan tim nasional Mesir atas Guinea-Bissau, 1-0, dalam laga yang sarat kontroversi di penyisihan Grup D Piala Afrika 2021 di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Minggu (16/1) dinihari WITA.

Sedangkan Nigeria menjadi tim ketiga meraih tempat di 16 besar, menyusul tuan rumah Kamerun dan Maroko.  Ya, Salah mencetak golnya pada menit ke-69 dengan tembakan voli akurat menyelesaikan umpan Amr El Soleya untuk menjebol gawang Guinea-Bissau. Sebelum gol itu, Mesir kesulitan menembus pertahanan tebal yang diterapkan lawannya nyaris sepanjang laga.

Babak pertama berlalu nyaris tanpa peluang berarti, sebelum Salah hampir memecahkan kebuntuan semenit jelang turun minum bila kiper Jonas Mendes tak sigap melakukan penyelamatan gemilang di area tiang dekat.

Mesir hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-75 ketika tembakan Zizo sudah tak mampu diantisipasi oleh Mendes, tetapi bol berakhir membentur tiang gawang.

Tujuh menit kemudian Mama Balde berhasil menjebol gawang Mesir. Tapi wasit Pacifique Ndabihawenimana diinstruksikan meninjau monitor tepi lapangan oleh petugas VAR. Gol itu dianulir karena Mama Balde dinilai lebih dulu melanggar Omar Kamal dalam proses tersebut.

Kemenangan ini memperbesar asa Mesir melangkah ke 16 besar mendampingi Nigeria yang lebih dulu memastikan kelolosan. Mesir di posisi kedua dengan tiga poin, menggusur Guinea-Bissau dengan satu poin ke urutan ketiga.

Sebelumnya, Nigeria menjadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Sudan 3-1 dalam penyisihan Grup D di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Minggu dinihari. Hasil itu jadi kemenangan kedua Nigeria yang mantap memuncaki klasemen Grup D dengan raihan enam poin penuh untuk menyusul tuan rumah Kamerun dan Maroko yang lebih dulu lolos.

Samuel Chukwueze, Taiwo Awoniyi dan Moses Simon bergantian menjebol gawang Sudan, yang membutuhkan konversi tendangan penalti Walieldin Khedr untuk mencetak gol balasan.

Di laga penutup Grup D nanti, Mesir menghadapi Sudan dan Guinea-Bissau bertemu Nigeria pada Rabu (19/1). *ant

Komentar