nusabali

Salah Bawa Mesir Depak Pantai Gading

  • www.nusabali.com-salah-bawa-mesir-depak-pantai-gading

DOUALA, NusaBali
Mohamed Salah sukses menjalankan tugas sebagai salah satu algojo adu penalti. 

Ya, juara tujuh kali Piala Afrika itu mengalahkan Pantai Gading 5-4 dalam drama adu penalti. Ya, adu penalti terjasi setelah kedua tim imbang 0-0 selama 120 menit, dalam laga 16 besar di Douala, Kamis (27/11) dinihari WITA.

Mesir pun tembus perempatfinal Piala Afrika 2021 untuk menghadapi Maroko, Minggu. Salah berhasil mengeksekusi penalti, sebaliknya bek Pantai Gading Eric Bailly menjadi satu-satunya pemain yang gagal dalam adu penalti ini.

Laga itu pertandingan babak 16 besar yang menegangkan di lapangan yang buruk di Stadion Japoma yang menjadi ibukota ekonomi Kamerun. Mesir banyak menciptakan peluang tetapi buruk dalam penyelesaian akhir.

Namun tim asuhan Carlos Queiroz, yang lolos ke delapan besar sekalipun hanya mencetak dua gol dari empat laga.  Sedangkan Pantai Gading yang juara dua kali Piala Afrika kembali takluk dari Mesir yang sejak lama mengunggulinya dalam berbagai pertemuan kelas berat tingkat Afrika.

Laga ini sendiri merupakan pertemuan Mesir dan Pantai Gading yang kesebelas dalam Piala Afrika. Mesir hanya satu kali kalah dari The Elephants. Di antara sukses Mesir atas Pantai Gading adalah saat menang adu penalti pada final 2006, dan kemenangan dalam semifinal 2008.

Sementara itu, Mali dan Guinea Ekuatorial bermain seri 0-0 selama 120 menit sehingga laga ditentukan dengan adu penalti. Guinea Ekuatorial pun secara mengejutkan lolos ke perempatfinal setelah menang adu penalti 6-5.

Laga itu perempatfinal ketiga yang berakhir adu penalti, usai Burkina Faso yang juga tim kejutan lolos menang adu penalti 7-6 melawan Gabon setelah selama 120 menit bermain seri 1-1.

Mesir dan Guinea Ekuatorial pun melengkapi enam tim yang lebih dulu lolos ke perempatfinal. Keenamnya, yakni Burkina Faso  mengalahkan Gabon juga dengan adu penalti. Lalu Tunisia yang mengalahkan Nigeria 1-0 dan Gambia yang menaklukkan Guinea 1-0.

Tuan rumah Kamerun juga lolos setelah menang 2-1 atas Kepulauan Comoros. Kemudian, Senegal yang menang 2-0 atas Cape Verde, dan Maroko yang menang 2-1 melawan Malawi. *ant

Komentar