nusabali

Truk Angkut Dedak Nyemplung Jurang di Bukit Jambul

  • www.nusabali.com-truk-angkut-dedak-nyemplung-jurang-di-bukit-jambul

Truk colt diesel kuning DK 9543 PN yang disopiri I Made Taen, 47, dari Banjar Penida Kaja, Desa/Kecamatan Tembuku, Bangli terguling ke jurang sedalam 5 meter

AMLAPURA, NusaBali
Truk yang memuat dedak ini terguling saat melintas di tanjakan dan jatuh di Objek Wisata Bukit Jambul, Banjar/Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Karangasem, Senin (28/5). Truk tersebut baru dievakuasi pemiliknya setelah seluruh barang muatan diangkut ke tujuan, Jumat (1/6) kemarin.

Truk yang memuat 5 ton dedak datang dari Klungkung bergerak ke utara hendak ke Desa Menanga, Kecamatan Rendang. Setelah melintasi jalan tanjakan dan tikungan tajam areal Objek Wisata Bukit Jambul, setiba di TKP melewati truk yang pecah ban. Mengingat truk pecah ban mengambil sebagian badan jalan untuk parkir, maka truk kuning berusaha melintas di pinggir kiri.

Saat truk DK 9543 PN melintas di sisi kiri jalan, karena memuat beban cukup berat sehingga jalannya truk kuning jadi oleng, tak mampu dikendalikan. Akibat dari beban diangkut truk kuning itu, sehingga truk oleng terdorong muatan hingga terperosok ke jurang sedalam sekitar 5 meter.

Secara materi tidak mengalami kerugian, sebab dedak yang jatuh masih utuh, hanya memerlukan tenaga angkut menaikkan ke jalan raya. Begitu juga truk yang jatuh tidak ada kerusakan berarti karena lahan tempat jatuhnya truk labil, lagi pula jatuh pada posisi normal.

Hanya sopir I Made Taen yang sempat mengalami pusing-pusing karena berbenturan dengan dinding truk, sehingga dilarikan ke Puskesmas Rendang. Kapolsek Rendang, AKP I Nengah Merta mengatakan kecelakaan itu terjadi, karena sopir truk lalai, kurang memperhatikan situasi di jalan raya. Apalagi posisi jalan yang dilintasi miring, sehingga saat truk melintas, jadi goyang karena membawa beban cukup berat. "Ini murni karena OC (out of control)," katanya. *k16

Komentar